ADVERTISEMENT

Korsel Uji Coba Roket Luar Angkasa Buatan Dalam Negeri

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 15:27 WIB
Seoul -

Korea Selatan (Korsel) kembali menggelar uji coba peluncuran roket luar angkasa produksi dalam negeri, Nuri, pada Selasa (21/6). Ini menjadi uji coba kedua setelah delapan bulan lalu Korsel mengalami kegagalan dalam uji coba pertama untuk menempatkan satelit tiruan di orbit.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/6/2022), roket buatan dalam negeri itu dilaporkan lepas landas dari Pusat Luar Angkasa Naro di pantai selatan Korsel pada Selasa (21/6) sore sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Para pejabat Korsel diperkirakan baru akan mengetahui satu jam kemudian apakah roket itu sukses menempatkan muatan yang dibawanya ke orbit luar angkasa.

Roket Nuri KSLV-II yang memiliki tiga bagian itu dirancang oleh Institut Penelitian Luar Angkasa Korea (KARI) untuk menempatkan muatan seberat 1,5 ton ke orbit di ketinggian 600-800 kilometer di atas permukaan Bumi.

Uji coba ini menjadi landasan bagi rencana lebih lanjut Korsel dalam meningkatkan program luar angkasanya dan mencapai tujuan ambisius dalam jaringan 6G, satelit mata-mata dan bahkan misi ke Bulan.

Roket Nuri hanya menggunakan teknologi roket Korsel dan menjadi kendaraan peluncuran luar angkasa yang pertama dirakit secara domestik atau di dalam negeri. Roket pendorong yang digunakan Korsel, dalam peluncuran tahun 2013 usai beberapa kali penundaan dan sejumlah kegagalan uji coba, dikembangkan bersama dengan Rusia.

Dalam uji coba pertama pada Oktober tahun lalu, roket Nuri mampu menuntaskan urutan penerbangannya namun gagal menempatkan muatan uji ke orbit setelah mesin tahap ketiga terbakar lebih awal dari yang direncanakan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT