ADVERTISEMENT

120.000 Warga Georgia Turun ke Jalan untuk Dukung Masuk Uni Eropa

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 12:34 WIB
People rally in support of the countrys membership to the European Union, days after the European Commission recommended deferring Georgias candidacy, in Tbilisi, on June 20, 2022. (Photo by Vano SHLAMOV / AFP)
Warga Georgia turun ke jalanan mendukung keanggotaan Uni Eropa (AFP/VANO SHLAMOV)
Tbilisi -

Sedikitnya 120.000 warga Georgia turun ke jalan untuk menunjukkan dukungan bagi keanggotaan Uni Eropa. Aksi itu digelar setelah Komisi Eropa merekomendasikan untuk menangguhkan pencalonan Georgia sebagai anggota blok 27 negara Eropa itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (21/6/2022), para demonstran membanjiri jalanan utama ibu kota Tbilisi pada Senin (20/6) malam waktu setempat, sembari mengibarkan bendera Georgia, Ukraina dan Uni Eropa.

Dalam apa yang disebut sebagai unjuk rasa terbesar dalam beberapa dekade terakhir, sedikitnya 120.000 orang berpartisipasi dalam aksi bernama 'March for Europe' di Tbilisi ini. Angka itu merupakan perkiraan AFP yang didasarkan pada rekaman video yang diambil dari udara dengan drone.

Banyak demonstran memegang poster bertuliskan 'Kami adalah Eropa' dengan lagu kebangsaan Uni Eropa, Ode to Joy, ditampilkan dalam aksi itu.

Unjuk rasa ini digelar oleh kelompok-kelompok pro-demokrasi terkemuka di Georgia dan didukung oleh semua partai oposisi di negara itu.

"Menunjukkan komitmen rakyat Georgia terhadap pilihan Eropa dan nilai-nilai Barat," sebut penyelenggara aksi tersebut dalam pernyataan via Facebook.

"Eropa adalah pilihan sejarah dan aspirasi rakyat Georgia, di mana semua generasi telah memberikan pengorbanan," imbuh pernyataan itu.

Simak juga 'Uni Eropa Teken Kerjasama Suplai Gas dengan Israel dan Mesir':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT