ADVERTISEMENT

Jurnalis Rusia Lelang Nobel untuk Anak-anak Ukraina, Raup Rp 1,5 T

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jun 2022 10:26 WIB
New York -

Jurnalis Rusia, Dmitry Muratov, yang meraih Nobel Perdamaian tahun 2021 meraup US$ 103,5 juta (Rp 1,5 triliun) saat melelang medali Nobel miliknya untuk membantu anak-anak korban perang di Ukraina. Angka itu mencetak rekor tertinggi untuk lelang medali Nobel.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/6/2022), Heritage Auctions yang menggelar lelang itu di New York, Amerika Serikat (AS), menyatakan semua hasil lelang akan disumbangkan untuk respons kemanusiaan UNICEF untuk anak-anak yang kehilangan tempat tinggal dan mengungsi di Ukraina akibat invasi Rusia.

Lelang ini digelar pada Senin (20/6) waktu setempat, yang bertepatan dengan Hari Pengungsi Sedunia.

Muratov merupakan editor salah satu surat kabar independen besar di Rusia, Novaya Gazeta, yang sangat kritis pada Presiden Vladimir Putin dan pemerintahannya. Surat kabar itu menghentikan operasional di Rusia sejak Maret lalu usai mendapat peringatan pemerintah terkait liputan soal perang di Ukraina.

Tekanan terhadap outlet media Rusia yang liberal terus berlanjut di bawah Putin, yang memimpin negara itu sejak 1999. Namun praktik semacam itu semakin meningkat setelah Moskow mengirimkan tentaranya ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

Media arus utama dan organisasi yang dikendalikan pemerintah Rusia terus mengikuti dengan cermat bahasa yang digunakan Kremlin untuk menggambarkan konflik dengan Ukraina. Moskow sendiri menyebut tindakannya sebagai 'operasi khusus' untuk menjamin keamanan Rusia dan mende-Nazifikasi Ukraina.

Kiev dan sekutu-sekutu Baratnya menyebut Rusia melancarkan agresi perang tak beralasan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT