ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 18:49 WIB
Russian President Vladimir Putin listens to a journalists question during a joint news conference with Hungarys Prime Minister Viktor Orban following their talks in the Kremlin in Moscow, Russia, Tuesday, Feb. 1, 2022. Putin says the U.S. and its allies have ignored Russias top security demands. In his first comments on the standoff with the West over Ukraine in more than a month, Putin said Tuesday that the Kremlin is still studying the U.S. and NATOs response to the Russian security demands received last week. (Yuri Kochetkov/Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Yuri Kochetkov/Pool Photo via AP)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan tidak keberatan jika Ukraina bergabung dengan blok Uni Eropa. Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) berencana mengunjungi Turki pekan depan, yang menjadi kunjungan pertama sejak pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul.

Putin menyebut bahwa menjadi keputusan berdaulat Ukraina sendiri untuk bergabung dengan blok beranggotakan 27 negara Eropa itu. Penegasan Putin ini disampaikan setelah Komisi Eropa merekomendasikan pemberian status kandidat anggota Uni Eropa kepada Kiev.

Sementara kabar soal rencana kunjungan Putra Mahkota Saudi itu diumumkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sendiri saat berbicara kepada wartawan pada Jumat (17/6). Erdogan menyatakan Turki akan menyambut MBS di Istana Kepresidenan di Ankara pada 22 Juni mendatang.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (18/6/2022):

- Putin Tegaskan Tak Keberatan Ukraina Gabung Uni Eropa

Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan dirinya 'tidak menentang' kemungkinan Ukraina untuk bergabung dengan blok Uni Eropa. Penegasan ini disampaikan setelah Komisi Eropa merekomendasikan pemberian status kandidat anggota Uni Eropa kepada Kiev.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (18/6/2022), penegasan itu disampaikan Putin saat berbicara dalam forum ekonomi tahunan Rusia, Forum Ekonomi Internasional St Petersburg, pada Jumat (17/6) waktu setempat.

"Kami tidak menentangnya. Itu menjadi keputusan berdaulat mereka untuk bergabung dengan serikat ekonomi atau tidak... Itu menjadi urusan mereka, urusan rakyat Ukraina," ucap Putin dalam forum tersebut.

- PM Inggris Mendadak Kunjungi Ukraina, Ada Apa?

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson melakukan kunjungan mendadak ke Kiev, Ukraina, pada Jumat (17/6) waktu setempat. Ini menjadi kunjungan keduanya ke Kiev dalam kurun waktu dua bulan terakhir, saat Ukraina masih terus diinvasi oleh pasukan Rusia.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (18/6/2022), PM Johnson yang baru lolos dari mosi tidak percaya pada awal bulan ini, bertemu langsung dengan Presiden Volodymyr Zelensky dalam kunjungannya ke Kiev. Dia disambut Zelensky yang menyebutnya sebagai 'teman baik' dan memuji dukungan 'tegas' dari Inggris.

"Hari-hari perang ini telah membuktikan bahwa dukungan Inggris Raya untuk Ukraina teguh dan tegas. Senang melihat teman baik negara kita Boris Johnson ada di Kiev kembali," tulis Zelensky dalam postingan Telegramnya, sembari menyertakan video dirinya menyambut PM Johnson di istana kepresidenan Ukraina.

Simak Video 'PM Inggris ke Ukraina: Semoga Berhasil Hancurkan Semua Tank Rusia!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT