ADVERTISEMENT

Denmark: Kapal Militer Rusia 2 Kali Langgar Teritorial di Laut Baltik

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 00:13 WIB
This photograph shows a boat in the Baltic sea on a surveillance camera of the French navy patrol airplane Atlantique 2 on mission above the Baltic Sea on June 16, 2022. - The aim of the maritime patrol vessels mission is
Ilustrasi (Foto: AFP/FRED TANNEAU)
Kopenhagen -

Angkatan bersenjata Denmark mengatakan sebuah kapal perang berukuran kecil atau korvet Rusia melanggar perairan teritorial di Luat Baltik. Denmark menyebut kapal perang Rusia itu sudah 2 kali melanggar batas teritorial negaranya.

Dilansir AFP, Jumat (17/6/2022), kapal Rusia pertama kali menyeberang ke perairan Denmark di utara pulau Christianso, selatan Swedia, pada pukul 2.30 pagi waktu setempat (00.30 GMT).

"Beberapa jam kemudian, korvet yang sama melintasi garis perairan teritorial lagi, juga di utara Christianso," kata militer Denmark dalam sebuah pernyataan.

"Menyusul panggilan radio VHF sipil dari unit operasi maritim Angkatan Laut, kapal Rusia segera meninggalkan perairan teritorial Denmark, tidak ada lagi yang perlu ditambahkan," katanya.

Kementerian Luar Negeri Denmark mengatakan telah melakukan pembicaraan dengan duta besar Rusia. Kemlu Denmark mencatat bahwa pelanggaran itu terjadi setelah pesawat mata-mata militer Rusia melanggar wilayah udaranya pada akhir April.

"Rusia sekali lagi mengabaikan buku aturan internasional dengan tidak menghormati perbatasan. Telah dikomunikasikan dengan sangat jelas kepada duta besar Rusia bahwa tindakan semacam ini sama sekali tidak dapat diterima," kata Menteri Luar Negeri Jeppe Kofod dalam sebuah pernyataan terpisah.

Denmark adalah anggota NATO dan telah mengirim peluncur anti-tank dan sistem rudal anti-kapal ke Ukraina sejak invasi Rusia di sana pada Februari.

Sementara itu, Christianso terletak sekitar 300 kilometer dari eksklave Rusia Kaliningrad.

Simak Video 'Pelukan Macron untuk Zelensky saat Injakan Kaki ke Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT