ADVERTISEMENT

Tentara Israel Tembak Mati 3 Warga Palestina di Tepi Barat

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 12:11 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (dok. Zaki Alfarabi/detikcom)
Tepi Barat -

Tentara Israel menembak mati tiga warga Palestina dalam operasi militer yang diwarnai baku tembak di wilayah Tepi Barat. Delapan orang lainnya dilaporkan luka-luka dalam peristiwa yang sama.

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Jumat (17/6/2022), Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataannya menyebut tiga orang tewas dalam baku tembak pada Jumat (17/6) pagi waktu setempat. Tidak dijelaskan lebih lanjut pemicu baku tembak itu oleh Kementerian Kesehatan Palestina.

Namun media-media Palestina, yang mengutip sejumlah saksi mata, melaporkan bahwa tentara-tentara Israel melepas tembakan ke arah sebuah mobil di kota Jenin, Tepi Barat dan menewaskan tiga penumpang di dalamnya.

Baku tembak cukup parah terdengar dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, sebelum insiden melibatkan mobil terjadi. Setelah itu, rekaman video di media sosial menunjukkan sebuah kendaraan yang dipenuhi lubang bekas tembakan dengan noda darah dan warga setempat memeriksanya.

Dalam pernyataan terpisah, seperti dilansir Reuters, militer Israel menyebut tiga orang yang tewas merupakan pria bersenjata. Disebutkan militer Israel bahwa para tentaranya sedang beroperasi di area kota Jenin saat diserang tembakan oleh para tersangka di dalam sebuah kendaraan di sisi jalan.

"Para penyerang bersenjata di dalam kendaraan mulai menembaki tentara, yang merespons dengan tembakan langsung untuk menetralisir para penyerang," klaim militer Israel dalam pernyataannya.

Militer Israel diketahui kerap melancarkan operasi malam hari di wilayah Tepi Barat yang dikuasai Palestina, untuk menangkap para tersangka dan militan Palestina yang mereka buru.

Simak juga 'Israel Larang Bendera Palestina, Picu Gesekan Baru':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT