ADVERTISEMENT

Taliban Sebut Wanita Tak Berhijab 'Ingin Terlihat Seperti Binatang'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 10:40 WIB
The Taliban promised a softer version of their previous regime, but since coming to power in August have enforced many restrictions on the countrys women Javed TANVEER AFP
Taliban menerapkan pembatasan keras untuk wanita Afghanistan sejak mengambil alih kekuasaan tahun lalu (Javed TANVEER/AFP)

Juru bicara Kementerian Promosi Kebijakan dan Pencegahan Kejahatan yang ada di Kabul, belum bisa dimintai komentar. Namun seorang pejabat tinggi setempat mengonfirmasi pemasangan poster semacam itu.

"Kami memasang poster semacam itu dan wanita-wanita ini yang wajahnya tidak ditutupi (di tempat umum), kami akan memberitahukan keluarga-keluarga mereka dan mengambil langkah sesuai dekrit," tegas kepala kementerian di Kandahar, Abdul Rahman Tayebi, kepada AFP.

Dekrit Akhundzada itu memerintahkan otoritas terkait untuk memperingatkan dan bahkan menonaktifkan kerabat laki-laki yang berprofesi sebagai pegawai pemerintahan, dari wanita-wanita yang tidak mematuhi aturan itu.

Di luar Kabul, pemakaian burka yang diwajibkan untuk wanita di bawah pemerintahan pertama Taliban tahun 1996-2001 lalu, telah menjadi hal yang biasa.

Pada Rabu (15/6) waktu setempat, kepala hak asasi manusia (HAM) pada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Michelle Bachelet mengecam Taliban atas 'penindasan sistematik yang dilembagakan' terhadap perempuan di Afghanistan. "Situasi mereka kritis," sebutnya.

Setelah kembali berkuasa, Taliban menjanjikan versi lebih lembut dari pemerintahan keras mereka dua dekade lalu. Namun sejak Agustus tahun lalu, banyak pembatasan yang diberlakukan untuk wanita dan anak perempuan di Afghanistan oleh Taliban.

Puluhan ribu anak perempuan dilarang masuk sekolah menengah, sementara wanita dilarang kembali bekerja di lembaga pemerintahan. Wanita-wanita Afghanistan juga dilarang bepergian sendiri dan hanya bisa mengunjungi taman umum di Kabul pada hari-hari pria dilarang berkunjung.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT