ADVERTISEMENT

2 Relawan AS Hilang di Ukraina, Diduga Disandera Rusia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 13:00 WIB
Perang Ukraina melawan Rusia masih belum juga usai. Tak hanya itu, kini Ukraina sedang dilanda wabah penyakit kolera, tepatnya di kota Mariupol.
pasukan Rusia di Mariupol, Ukraina (Foto: REUTERS/ALEXANDER ERMOCHENKO)
Jakarta -

Dua warga Amerika Serikat yang secara sukarela pergi ke Ukraina untuk mendukung Ukraina melawan pasukan Rusia, dilaporkan hilang. Keduanya diduga disandera Rusia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (16/6/2022), Alexander Drueke dan Andy Huynh, keduanya veteran militer AS yang tinggal di Alabama, kehilangan kontak dengan keluarga mereka setelah pertempuran di Ukraina.

Anggota kongres setempat, Terri Sewell mengatakan bahwa ibu Drueke menghubunginya awal pekan ini.

"Menurut keluarganya, mereka belum mendengar kabar dari Drueke dalam beberapa hari," kata Sewell dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan terus melakukan semampu kami untuk membantu menemukan dia dan menemukan jawaban untuk keluarganya," imbuhnya.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan dia tidak bisa mengkonfirmasi hilangnya dua warga Amerika Serikat itu. Namun, dia mengatakan, "Jika itu benar, kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membawa mereka kembali ke rumah dengan selamat."

Kirby mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak menyarankan warga Amerika untuk bepergian ke Ukraina, yang telah mengalami perang hampir empat bulan melawan invasi pasukan Rusia.

"Ini adalah zona perang. Ini adalah pertempuran. Dan jika Anda merasa bersemangat untuk mendukung Ukraina, ada sejumlah cara lain untuk melakukannya dengan lebih aman dan sama efektifnya," kata Kirby kepada wartawan.

Simak Video 'Zelensky-Biden Diskusi, Bahas Langkah Baru untuk Kalahkan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT