ADVERTISEMENT

Swiss Tutup Wilayah Udara Gegara Masalah Komputer

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 14:13 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi -- Masalah komputer pada sistem kontrol lalu lintas udara di Swiss membuat seluruh penerbangan di Bandara Zurich dan Jenewa di-grounded (dok. Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Bern -

Otoritas Swiss menutup wilayah udaranya pada Rabu (15/6) waktu setempat, setelah terjadi masalah atau glitch komputer pada sistem kontrol lalu lintas udara. Masalah komputer itu dilaporkan telah membuat seluruh penerbangan di Bandara Zurich dan Jenewa di-grounded.

"Wilayah udara Swiss ditutup untuk lalu lintas karena alasan keamanan setelah kegagalan komputer dengan Skyguide, layanan kontrol lalu lintas udara Swiss," demikian pernyataan otoritas kendali lalu lintas udara Swiss, Skyguide, dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Rabu (15/6/2022).

Tidak dijelaskan lebih lanjut penyebab kegagalan komputer itu.

Skyguide hanya menyatakan pihaknya 'menyesali insiden ini dan konsekuensinya bagi para klien, mitra dan penumpang di bandara Jenewa dan Zurich dan tengah bekerja keras mencari solusi'.

Dalam pernyataan terpisah via Twitter, bandara Jenewa menyatakan pihaknya meng-grounded semua penerbangan hingga Rabu (15/6) pukul 11.00 waktu setempat karena kegagalan komputer itu.

Total penerbangan yang dibatalkan di bandara Jenewa maupun Zurich tidak disebutkan lebih detail.

Kantor berita Swiss, ATS-Keystone, melaporkan bahwa penerbangan-penerbangan internasional menuju Swiss kini dialihkan ke Milan, Roma.

Tidak diketahui berapa lama wilayah udara Swiss akan ditutup terkait kegagalan komputer itu.

Lihat juga video 'Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT