Tegas pada China, Taipei: Selat Taiwan adalah Perairan Internasional!

ADVERTISEMENT

Tegas pada China, Taipei: Selat Taiwan adalah Perairan Internasional!

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 18:22 WIB
Soldiers fire during a military exercise in Hsinchu County, northern Taiwan, Tuesday, Jan. 19, 2021. Taiwanese troops using tanks, mortars and small arms staged a drill Tuesday aimed at repelling an attack from China, which has increased its threats to reclaim the island and its own displays of military might. (AP Photo/Chiang Ying-ying)
Ilustrasi -- Latihan militer Taiwan (dok. AP Photo/Chiang Ying-ying)

Disebutkan Ou bahwa Taiwan selalu menghormati tindakan kapal-kapal asing di Selat Taiwan yang mematuhi hukum internasional, termasuk lalu lintas damai.

"Kami memahami dan mendukung kontribusi misi kebebasan navigasi AS untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas kawasan," ucapnya.

Pemerintah Taiwan juga menegaskan bahwa China tidak memiliki hak untuk berbicara bagi Taipei atau mengklaim kedaulatan, karena hanya rakyat Taiwan yang bisa memutuskan masa depan mereka sendiri. Ditegaskan juga bahwa Rakyat Republik China tidak pernah menguasai bagian manapun dari Taiwan.

China tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan memandang pulau itu sebagai bagian tak terpisahkan dari China.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT