ADVERTISEMENT

Serangan Rudal Israel Bikin Rusak Bandara Suriah, Rusia Marah!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 11 Jun 2022 17:20 WIB
A warplane carries out a bombing run above Syria near the Israeli-Syrian border as it is seen from the Israeli-occupied Golan Heights , Israel July 24, 2018. REUTERS/Ammar Awad
ilustrasi jet tempur Israel (Foto: REUTERS/Ammar Awad)
Jakarta -

Bandara di ibu kota Suriah, Damaskus mengalami kerusakan akibat serangan udara Israel. Kementerian Transportasi Suriah menyatakan, renovasi kini dimulai di bandara yang ditutup untuk hari kedua pada Sabtu (11/6).

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (11/6/2022), kementerian mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan, bahwa landasan pacu tidak berfungsi karena mengalami kerusakan serius setelah serangan rudal Israel.

Sejak perang saudara pecah di Suriah pada tahun 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan udara terhadap tetangganya itu, menargetkan pasukan pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan para milisi dari kelompok Syiah Lebanon, Hizbullah. Namun jarang sekali serangan-serangan tersebut menyebabkan gangguan penerbangan besar.

"Penerbangan sipil dan perusahaan nasional sedang bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang cukup besar di bandara," kata Kementerian Transportasi Suriah.

Kantor berita resmi Suriah, SANA mengatakan seorang warga sipil terluka dalam serangan rudal Israel tersebut.

Kelompok pemantau perang Suriah, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan rudal yang dilakukan sebelum fajar pada hari Jumat (10/6) menghantam salah satu landasan pacu serta tiga depot senjata di dekat bandara milik Hizbullah, dan kelompok-kelompok lain yang didukung Iran.

Observatorium, yang mengandalkan jaringan sumber yang luas di Suriah, mengatakan serangan rudal Israel itu melukai sejumlah orang.

Menurut Observatory, landasan pacu yang rusak adalah satu-satunya yang masih beroperasi setelah serangan Israel tahun lalu membuat landasan pacu satunya tidak lagi berfungsi.

Simak juga 'Detik-detik Rudal Israel Ditangkal Pertahanan Udara Suriah':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT