ADVERTISEMENT

Bus Tabrak Truk di Afrika Selatan Tewaskan 15 Orang, 37 Luka-luka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 17:08 WIB
ilustrasi kecelakaan
ilustrasi (Foto: Dok.Detikcom)
Jakarta -

Lima belas orang tewas dan 37 luka-luka ketika sebuah bus dan truk bertabrakan di jalan raya Afrika Selatan. Sedikitnya 37 orang luka-luka dalam tabrakan maut di dekat ibu kota Pretoria pada Jumat (10/6) subuh waktu setempat tersebut.

"Jumlah korban tewas sekarang 15 orang, dan 37 orang terluka, beberapa di antaranya kritis," kata juru bicara layanan darurat Thabo Charles Mabaso seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (10/6/2022).

Kecelakaan itu terjadi sebelum fajar dan petugas penyelamat dihubungi pada pukul 05:05 waktu setempat.

"Layanan darurat tiba di tempat kejadian dan menemukan bus dan truk yang bertabrakan, dengan beberapa pasien tergeletak di sekitarnya dan beberapa masih terjebak di dalam kedua kendaraan tersebut," kata layanan darurat dalam sebuah pernyataan.

Disebutkan bahwa delapan wanita dan tujuh pria tewas di tempat kejadian, sementara 37 orang lainnya dibawa ke rumah sakit. Tujuh orang di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Jalan raya tersebut ditutup sepanjang pagi usai kecelakaan itu. Investigasi penyebab kecelakaan telah dimulai.

Jalan-jalan di Afrika Selatan termasuk yang paling berkembang di benua Afrika, tetapi keselamatan tetap menjadi masalah.

Hampir 1.500 orang tewas di jalan raya selama liburan Natal terakhir, yang merupakan puncak musim perjalanan musim panas di Afrika Selatan.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT