ADVERTISEMENT

Finlandia Akan Bangun Pembatas di Perbatasan dengan Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 14:08 WIB
Road signs are seen at the Imatra border crossing with Russia, amid Russias invasion of Ukraine, in Imatra, Finland March 23, 2022. REUTERS/Essi Lehto/File Photo
Ilustrasi -- Papan penandan jalan di perlintasan perbatasan Finlandia dengan Rusia (REUTERS/Essi Lehto/File Photo)
Helsinki -

Pemerintah Finlandia berencana untuk membangun pembatas di perbatasan dengan Rusia di sebelah timur wilayahnya. Ini menjadi langkah untuk memperkuat kesiapan menghadapi ancaman di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (10/6/2022), untuk mewujudkan rencana pembangunan pembatas di perbatasan Rusia itu, pemerintah Finlandia berniat melakukan amandemen terhadap legislasi perbatasan yang berlaku di wilayahnya.

Finlandia yang baru saja mendaftar keanggotaan aliansi NATO ini memiliki riwayat perang dengan Rusia, yang merupakan negara tetangganya. Zona perbatasan kedua negara yang tertutup hutan saat ini hanya ditandai dengan papan penanda dan garis plastik pada sebagian besar perbatasan sepanjang 1.300 kilometer.

Pemerintah Finlandia bergegas memperkuat keamanan perbatasan di tengah kekhawatiran Rusia berupaya menekan negara itu dengan mengirimkan para pencari suaka ke wilayah perbatasannya.

Akhir tahun lalu, Uni Eropa menuduh Belarusia melakukan hal semacam itu ketika ratusan imigran asal Timur Tengah, Afghanistan dan Afrika terjebak di wilayah perbatasan Polandia.

Langkah amandemen terhadap aturan hukum perbatasan yang akan diambil pemerintah Finlandia akan mencakup proposal yang memungkinkan pemusatan penerimaan permohonan suaka hanya pada titik masuk tertentu.

Lihat juga video 'Zelenskiy Klaim Lebih dari 31.000 Tentara Rusia Tewas di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT