ADVERTISEMENT

Seperti Ini Kecanggihan Roket M270 MLRS, Bantuan Inggris untuk Ukraina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 14:24 WIB
M270 MLRS (Foto: dok www.gov.uk)
M270 MLRS (Foto: dok www.gov.uk)

Bisa Ditumpangi 3 Orang

M270 MLRS dapat ditumpangi oleh 3 orang yang terdiri dari sopir, penembak, dan kepala seksi yang dapat menembakkan roket tanpa meninggalkan kabin. M270 MLRS yang berlapis baja itu dapat melindungi kru dari tembakan senjata kecil, serpihan cangkang dan ledakan peluncuran rudal.

Inggris Berdiri Bersama Ukraina

Belum diketahui berapa jumlah M270 MLRS yang dikirimkan Inggris ke Ukraina. Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengungkapkan, pasokan senjata ini sebagai wujud dukungan terhadap Ukraina.

"Inggris berdiri bersama Ukraina dalam pertempuran ini dan mengambil sikap untuk memasok pasukan heroik Ukraina dengan senjata vital yang mereka butuhkan untuk mempertahankan negara mereka dari invasi tanpa alasan. Jika komunitas internasional terus mendukung, saya yakin Ukraina bisa menang," ungkap Wallace.

"Ketika taktik Rusia berubah, demikian juga dukungan kami untuk Ukraina. Sistem roket multi-peluncuran yang sangat handal ini akan memungkinkan teman-teman Ukraina kita untuk melindungi diri mereka dengan lebih baik dari penggunaan artileri jarak jauh yang brutal, yang telah digunakan pasukan Putin tanpa pandang bulu untuk meratakan kota-kota," sambungnya.

Pasukan Ukraina akan dilatih cara menggunakan senjata ini di Inggris, sehingga mereka dapat memaksimalkan efektivitas sistem. Inggris sebelumnya mengumumkan bahwa personel Ukraina akan dilatih untuk menggunakan berbagai kendaraan lapis baja yang disumbangkan Inggris, termasuk Mastiff, Husky, dan Wolfhound.


(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT