ADVERTISEMENT

Seperti Ini Kecanggihan Roket M270 MLRS, Bantuan Inggris untuk Ukraina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 14:24 WIB
M270 MLRS (Foto: dok www.gov.uk)
M270 MLRS (Foto: dok www.gov.uk)
London -

Pemerintah Inggris mengirim bantuan artileri dengan sistem roket multi-peluncuran M270 atau M270 MLRS (Multiple Launch Rocket System) ke Ukraina. Artileri rudal jarak jauh itu dikirimkan untuk membantu Ukraina melawan Rusia. Apa saja spesifikasi M270 MLRS?

Dilansir dari The Guardian dan berbagai sumber, Selasa (7/6/2022), M270 MLRS yang mampu mencapai target hingga 80,46 kilometer itu memiliki panjang 6,85 meter, lebar 2,97 meter, dan tinggi 2,59 meter. Kendaraan M270 MLRS dapat menjangkau 640 km, dengan kecepatan maksimal 65 km/jam.

Self-Aiming

Senjata yang sebelumnya dikenal sebagai General Support Rocket System (GSRS) itu dilengkapi dengan antena, loading boom, GPS, dan peluncur multi-roket yang dapat memuat 12 roket sekaligus. Senjata ini memiliki sistem otomatis self-loading dan self-aiming sehingga membuat tembakannya akurat.

MLRS menggunakan prinsip 'shoot and scoot' atau tembak dan bergerak untuk membatasi kerentanan terhadap serangan balik.

Amunisi

MLRS dipersenjatai dengan amunisi granat berdaya ledak tinggi, 644 M77. MLRS juga dapat mengirimkan ranjau AT2 yang mengeluarkan 28 ranjau antitank dalam satu putaran, yang dikembangkan di Jerman Barat.

MLRS juga dapat menembakkan rudal jarak jauh Lockheed Martin Army Tactical Missile System (ATACMS). Selain itu, MLRS memiliki potensi untuk mengirimkan hulu ledak lainnya seperti roket jarak jauh (ER) dan roket jarak pendek (RRPR) dengan jangkauan 8 km hingga 15 km.

Roket jarak jauh ini pertama kali diterjunkan pada tahun 1998 dan membawa 518 amunisi yang ditingkatkan lebih dari 45 km.

Sebuah program modifikasi tengah berlangsung untuk menambah jangkauan MLRS (ER-MLRS), yang akan meningkatkan jangkauan roket saat ini dari 31,8 kilometer (km) ke jangkauan baru sekitar 50 km. Peluncur M270 mengakomodasi MLRS Family of Munitions (MFOM), di mana ATACMS termasuk di dalamnya. MLRS diproduksi bersama oleh Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia.

Bisa Menembak 12 Roket Sekaligus

Selain itu, MLRS juga memiliki komputer kontrol yang mengintegrasikan kendaraan dengan peluncur roket. Roket senjata ini dapat ditembakkan satu per satu atau dua hingga 12 roket sekaligus dalam beberapa detik.

Simak juga video 'Legiun Asing di Ukraina Berkumpul untuk Lawan Rusia di Sievierodonetsk':

[Gambas:Video 20detik]



Kendaraan M270 MLRS bisa ditumpangi 3 orang. Siapa saja? Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT