Ancaman Ngeri Rusia Tak Bikin Barat Setop Ulurkan Tangan ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Ancaman Ngeri Rusia Tak Bikin Barat Setop Ulurkan Tangan ke Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 05:12 WIB
Infografis daftar negara sasaran balas dendam Putin
Vladimir Putin (Foto: Infografis detikcom/Fuad Hasim)

Persenjataan canggih tersebut akan dikirimkan AS setelah Ukraina memberikan jaminan untuk tidak menggunakannya dalam menyerang target di wilayah Rusia. Meskipun demikian, langkah AS tersebut memicu Putin untuk mengeluarkan peringatan keras pada Minggu (5/6).

Putin diketahui sebelumnya mengingatkan bahwa Moskow akan menyerang "target-target" baru yang tidak disebutkan jika Barat memasok rudal tersebut ke Ukraina. Dia mengatakan pengiriman senjata baru ke Ukraina ditujukan untuk "memperpanjang konflik".

Namun pemerintah Inggris mengabaikan peringatan Putin tersebut. Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace bersikeras bahwa sekutu-sekutu Barat Ukraina harus mempertahankan pengiriman senjata mereka untuk memungkinkan Ukraina "memenangkan" perangnya melawan pasukan Rusia.

"Inggris mendukung Ukraina dalam pertarungan ini dan mengambil peran utama dalam memasok pasukan heroiknya dengan senjata vital yang mereka butuhkan untuk mempertahankan negara mereka dari invasi tanpa alasan," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Seiring dengan perubahan taktik Rusia, demikian juga dukungan kita kepada Ukraina. Sistem roket multi-peluncuran yang sangat mumpuni ini akan memungkinkan teman-teman Ukraina kita untuk lebih melindungi diri mereka sendiri dari penggunaan artileri jarak jauh yang brutal, yang telah digunakan pasukan Putin tanpa pandang bulu untuk meratakan kota-kota," imbuhnya.

London sejauh ini telah menawarkan lebih dari £750 juta (US$ 937 juta) dalam bentuk dukungan militer ke Ukraina, termasuk mengirimkan sistem pertahanan udara, ribuan rudal anti-tank dan berbagai jenis amunisi, ratusan kendaraan lapis baja dan peralatan lainnya.


(dwia/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT