Ikuti AS, Inggris Kirim Rudal Jarak Jauh ke Ukraina, Rusia Gempur Kiev

ADVERTISEMENT

International Updates

Ikuti AS, Inggris Kirim Rudal Jarak Jauh ke Ukraina, Rusia Gempur Kiev

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 17:31 WIB
Amerika Serikat mengirimkan senjata canggih untuk memperkuat Ukraina melawan Rusia. Salah satu senjata yang dikirim adalah sistem roket canggih M142 HIMARS.
sistem roket HIMARS yang dikirim AS ke Ukraina (Foto: AFP/Fadel Senna)
Jakarta -

Pemerintah Inggris menyatakan akan mengikuti langkah Amerika Serikat dengan mengirim sistem rudal jarak jauh ke Ukraina. Hal ini diumumkan Inggris usai peringatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin agar Barat tidak memasok senjata canggih ke Ukraina.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (6/6/2022), Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa London telah berkoordinasi erat dengan Washington soal pemberian sistem roket multi-peluncuran, yang dikenal sebagai MLRS, untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari agresi Rusia.

Kementerian menyatakan bahwa peluncur M270 tersebut, yang dapat menyerang target hingga 80 kilometer (50 mil) jauhnya dengan roket berpemandu presisi, akan "memberikan peningkatan kemampuan yang signifikan bagi pasukan Ukraina.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (6/6/2022):

- Hina Nabi Muhammad, Jubir Partai PM India Picu Kemarahan!

Seorang politikus India dari Partai Bharatiya Janata (BJP) memicu kemarahan usai melontarkan komentar kontroversial soal Nabi Muhammad SAW dalam perdebatan di televisi setempat. BJP merupakan partai berkuasa di India yang juga merupakan partai dari Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi.

Seperti dilansir Times of India dan India Today, Senin (6/6/2022), komentar bernada menghina Nabi Muhammad yang dilontarkan Nupur Sharma, yang juga menjabat juru bicara BJP ini, telah memicu kerusuhan sarat kekerasan di Kanpur, Uttar Pradesh. Tidak dijelaskan lebih lanjut soal komentar kontroversial yang dilontarkan Sharma itu.

Dalam pernyataannya, BJP mengumumkan Sharma telah diperiksa oleh komisi disiplin partai dan hasilnya dia dinonaktifkan dari BJP. Ditegaskan juga oleh BJP bahwa Sharma telah menyampaikan pandangan yang bertentangan dengan posisi partai dalam berbagai hal, yang jelas melanggar konstitusi partai.

"Anda telah menyampaikan pandangan yang bertentangan dengan posisi Partai dalam berbagai hal, yang merupakan pelanggaran jelas terhadap aturan nomor 10 (a) pada konstitusi BJP," demikian pernyataan Sekretaris Komisi Disiplin Pusat BJP, Om Pathak, dalam surat kepada Sharma.

- Rusia Tembakkan Rudal ke Ibu Kota Ukraina, Pertama dalam Sebulan

Pasukan Rusia menggempur Kiev, ibu kota Ukraina, dengan rudal pada Minggu (5/6) pagi waktu setempat, untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Senin (6/6/2022), kepulan asap hitam terlihat dari jarak beberapa mil setelah serangan rudal tersebut di dua distrik terpencil di Kiev. Otoritas Ukraina mengatakan serangan itu menghantam pekerjaan perbaikan kereta api, sementara Moskow mengatakan telah menghancurkan tank-tank yang dikirim oleh negara-negara Eropa Timur ke Ukraina.

Dalam serangan di Kiev, tak ada laporan kematian namun satu orang terluka dan dirawat di rumah sakit.

- Ada Pesawat Nyasar ke Dekat Rumahnya, Biden-Istri Dievakuasi!

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan istrinya, Jill Biden, terpaksa dievakuasi dari rumah liburan mereka di Pantai Rehoboth, Delaware. Penyebabnya, sebuah pesawat pribadi berukuran kecil 'nyasar' atau secara keliru terbang memasuki wilayah udara yang dilarang di sekitar rumah pantai tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Senin (6/6/2022), Gedung Putih mengungkapkan insiden itu terjadi pada Sabtu (4/6) waktu setempat, ketika Biden dan istrinya tengah menghabiskan waktu di rumah pantai mereka.

Simak Video: Ancaman Putin Jika Barat Kirim Bantuan Senjata Berat ke Ukraina

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT