ADVERTISEMENT

Badai Agatha Terjang Meksiko, 11 Orang Tewas-22 Hilang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jun 2022 13:15 WIB
Jakarta -

Badai dahsyat yang menerjang Meksiko telah menewaskan sedikitnya 11 orang dan menyebabkan 22 orang hilang setelah memicu tanah longsor dan menghancurkan rumah-rumah.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (2/6/2022), otoritas Meksiko sedang berjuang untuk mencapai komunitas pegunungan terpencil yang paling parah terkena dampak Badai Agatha, setelah bebatuan dan tanah longsor memotong jalan.

"Saya merangkul kerabat dari mereka yang telah kehilangan nyawa mereka," kata Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada konferensi pers hariannya.

"Saya berharap kami menemukan mereka yang hilang ketika semua komunitas dapat dijangkau," imbuhnya.

Pada Rabu (1/6) waktu setempat, 22 orang masih hilang dan jumlah korban tewas mencapai 11 orang, kata gubernur negara bagian Oaxaca di Meksiko selatan, Alejandro Murat, kepada wartawan.

Sebelumnya Murat telah melaporkan 33 orang hilang, tetapi dia kemudian mengklarifikasi bahwa jumlah tersebut termasuk mereka yang tewas.

Di komunitas kecil Puente Copalita di kotamadya Huatulco, penduduk yang rumahnya rusak parah atau hancur menceritakan bahwa mereka melarikan diri sebelum mereka dapat mengumpulkan barang-barang mereka.

"Ketika kami disuruh pergi, kami ingin mengambil barang-barang tetapi kami tidak bisa," kata Emilia Rios, yang rumah kayu dengan atap logamnya tersapu badai.

"Saya tidak membawa satu piring pun, cangkir, baju ganti. Bahkan seprai atau handuk pun tidak. Tidak ada," katanya.

Para pejabat mengatakan, sebuah helikopter dalam keadaan siaga untuk terbang ke komunitas-komunitas terpencil ketika kondisi cuaca memungkinkan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT