Ngeri! 100 Ribu Orang Dinyatakan Hilang di Meksiko

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 13:29 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta -

Mengerikan! Lebih dari 100.000 orang saat ini resmi tercatat sebagai orang hilang di Meksiko. Sebuah tonggak sejarah suram, yang oleh kepala hak asasi PBB disebut sebagai "tragedi dengan proporsi yang sangat besar."

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menyerukan tindakan segera untuk mengatasi penghilangan paksa yang meroket selama bertahun-tahun kekerasan terkait narkoba.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (18/5/2022), badan Catatan Nasional Orang Hilang, yang telah melacak orang hilang di Meksiko sejak 1964, mengatakan bahwa hingga Senin (16/5), keberadaan 100.099 orang tidak diketahui. Sekitar 75 persen dari mereka adalah laki-laki.

Kelompok Movement for Our Disappeared memperingatkan bahwa angka itu "tentu saja jauh di bawah jumlah" kasus yang sebenarnya, dan menyerukan pemerintah untuk menangani krisis ini "secara komprehensif dan segera."

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet mengatakan penghilangan paksa itu merupakan "tragedi kemanusiaan dengan proporsi yang sangat besar."

"Semua upaya harus dilakukan untuk mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran yang sangat luas ini, dan untuk mendapatkan hak-hak korban atas kebenaran, keadilan, perbaikan dan jaminan tidak akan terulangnya kembali," ujar Bachelet.

Sejauh ini, hanya 35 dari penghilangan paksa yang tercatat itu telah mengarah pada hukuman. Ini merupakan "tingkat impunitas yang mengejutkan yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya penyelidikan yang efektif," kata kantor Bachelet.