ADVERTISEMENT

Tegang! 30 Pesawat Militer China Menyusup, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 09:46 WIB
In this image taken from video, Taiwanese soldiers prepare to enter a building during an urban warfare drill in Kaohsiung in southern Taiwan, Thursday, Jan. 6, 2022. Members of Taiwans Army Infantry Training Command in the southern city of Kaohsiung simulated an urban warfare confrontation in a drill on Thursday. (AP Photo)
Ilustrasi -- Jet tempur Taiwan saat latihan militer (dok. AP Photo)

Dilaporkan bahwa aktivitas militer terbaru China itu merupakan penyusupan terbesar sejak Taiwan melaporkan 39 pesawat militer China memasuki ADIZ pada 23 Januari lalu.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas maupun militer China terkait hal ini. Namun sebelumnya, China menyebut aktivitas semacam itu merupakan latihan yang bertujuan melindungi kedaulatan wilayahnya.

Tidak ada tembakan yang dilepaskan dan pesawat militer China itu tidak terdeteksi mengudara di dalam wilayah udara Taiwan, melainkan hanya di dalam ADIZ.

Diketahui bahwa ADIZ berbeda dengan wilayah udara sebuah negara. ADIZ merupakan area di mana negara-negara bisa secara sepihak menuntut pesawat asing untuk mengambil langkah-langkah khusus untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri, tanpa adanya hukum internasional yang mengatur ADIZ.


(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT