ADVERTISEMENT

2 Tentara Turki Tewas dalam Operasi Militer terhadap Kurdi di Irak

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 12:58 WIB
Turkish forces are deployed to the border area as part of efforts to control the flow of fighters and weapons to the civil war (AFP Photo/Bulent Kilic)
ilustrasi tentara Turki (Foto: AFP Photo/Bulent Kilic)
Jakarta -

Dua tentara Turki tewas dalam operasi militer terhadap gerilyawan Kurdi di wilayah utara Irak.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (30/5/2022), insiden terbaru ini menjadikan jumlah tentara Turki yang tewas di wilayah itu menjadi delapan orang sejak Selasa pekan lalu.

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan, seorang tentara Turki tewas pada hari Sabtu (28/5) ketika sebuah alat peledak improvisasi (IED) meledak saat dia dan tentara-tentara lainnya lewat. Seorang tentara Turki lainnya terluka dalam insiden itu.

Seorang tentara lainnya, yang terluka pada hari Jumat (27/5) dalam sebuah pertempuran, meninggal dunia di rumah sakit. Demikian dilaporkan kantor berita resmi Turki, Anadolu.

Turki telah meluncurkan beberapa operasi di daerah itu terhadap para milisi kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang oleh Ankara dan sekutu-sekutu Baratnya dinyatakan sebagai organisasi teroris.

PKK memiliki kamp-kamp pelatihan dan pangkalan di Kurdistan Irak yang otonom dan telah melancarkan pemberontakan melawan negara Turki sejak 1984. Konflik tersebut telah menewaskan 40.000 orang, banyak dari mereka warga sipil.

Ankara telah meluncurkan serangkaian operasi terhadap para milisi PKK di Irak dan Suriah, yang terbaru di Irak utara yang dimulai pada bulan April lalu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Senin bahwa Turki akan segera meluncurkan operasi militer baru ke Suriah utara. Erdogan menyebut operasi itu dirancang untuk menciptakan "zona keamanan" sepanjang 30 kilometer (19 mil) di sepanjang perbatasan kedua negara.

Lihat juga video 'Turki Tolak Ajakan Swedia Bergabung Dengan NATO, Singgung Terorisme':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT