7 Tentara India Tewas Kecelakaan di Perbatasan China yang Disengketakan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 03:18 WIB
ilustrasi kecelakaan
Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

Sedikitnya tujuh orang tentara India tewas, dan 19 lainnya terluka dalam kecelakaan lalu lintas di daerah terpencil Ladakh, dekat perbatasan dengan China. Perbatasan itu merupakan kawasan yang disengketakan India dan China.

"Tujuh tentara tewas, 19 terluka di daerah terpencil Nubra," kata seorang perwira polisi senior di Ladakh kepada AFP, Jumat (27/5/2022).

Diketahui, dua negara itu mengerahkan puluhan ribu pasukan tambahan ke wilayah dataran tinggi Himalaya selama pertempuran mematikan pada Juni 2020. Setidaknya, baku tembak di perbatasan itu menewaskan sedikitnya 20 tentara India, dan empat tentara China.

Kecelakaan itu terjadi pada Jumat pagi, saat itu kendaraan pembawa tentara ditempatkan di dekat perbatasan tergelincir dari jalan dan jatuh sekitar 15 meter, ke Sungai Shyok.

Perdana Menteri India, Narendra Modi menyampaikan duka cita atas peristiwa tersebut.

"Sedih dengan kecelakaan bus di Ladakh di mana kami kehilangan personel tentara pemberani kami," tulis Perdana Menteri India Narendra Modi di Twitter.

"Pikiran saya bersama keluarga yang ditinggalkan. Saya berharap mereka yang terluka pulih secepat mungkin. Semua bantuan yang mungkin diberikan kepada yang terkena dampak," ucapnya.

Simak juga Video: Pajero Maut Seruduk Mobil-Motor di Depan Menara Saidah

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)