Kata Zelensky Soal Keinginan Bertemu Putin Demi Akhiri Perang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 17:43 WIB
In this image from video provided by the Ukrainian Presidential Press Office, Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks from Kyiv, Ukraine, Tuesday, April 12, 2022. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menekankan dirinya siap untuk berunding dengan Rusia guna mengakhiri perang di negaranya. Namun Zelensky juga mengakui bahwa proses perundingan damai dengan Rusia tidak bisa memberikan hasil yang substansial sejauh ini.

Zelensky sebelumnya menuturkan dirinya ingin bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bisa mengakhiri perang di Ukraina.

"Prospek bertemu Presiden Federasi Rusia, untuk mendapatkan kehidupan yang damai, mengakhiri krisis pangan yang kini terjadi, yang diblokir oleh Federasi Rusia. Banyak hal harus didiskusikan dengan Federasi Rusia," ucap Zelensky dalam forum berjudul 'Presiden of Ukraine Volodymyr Zelensky talks to Indonesia' yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (27/5/2022).

Zelensky mengakui dirinya bukannya sangat ingin bertemu Putin, namun melihat kenyataan di mana banyak korban jiwa, terutama anak-anak, dalam invasi Rusia, maka hal itu mungkin dilakukan. Dia menyatakan ingin bertemu Putin untuk satu alasan, yakni mengakhiri perang dan krisis di Ukraina.

"Agar menghentikan krisis, krisis kemanusiaan ini," tegasnya.

Pada dasarnya, sebut Zelensky, rakyat Ukraina hanya menginginkan kehidupan normal mereka kembali. "Kita ingin hidup di negara kita sendiri, tanpa orang menjajah kita," cetusnya.

"Kita ingin hidup secara damai di tanah kita sendiri, tanpa ada syarat khusus di sini," imbuh Zelensky.