ADVERTISEMENT

Bicara ke Publik RI, Zelensky Beberkan Situasi Perang di Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 16:41 WIB
In this image from video provided by the Ukrainian Presidential Press Office, Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks from Kyiv, Ukraine, on Monday, March 21, 2022. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok. Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk pertama kalinya menyampaikan pidato kepada warga negara Asia Tenggara sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari lalu.

Pidato Zelensky ini disampaikan dalam forum berjudul 'Presiden of Ukraine Volodymyr Zelensky talks to Indonesia' yang digelar oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan dipandu mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Dino Patti Djalal pada Jumat (27/5/2022).

Dalam pidatonya, Zelensky menceritakan invasi Rusia yang menghancurkan negaranya. Dia menyebut gempuran Rusia menghancurkan objek-objek sipil, seperti sekolah mulai dari universitas hingga taman kanak-kanak (TK), juga tempat ibadah seperti gereja dan masjid, serta institusi kesehatan.

Zelenky juga menyatakan bahwa ribuan orang tewas di Ukraina sejak Rusia melancarkan invasinya. Salah satunya, sebut Zelensky, seorang bayi berusia 5 bulan yang tewas akibat serangan di wilayah Kharkiv.

"Baru saja kemarin di Kharkiv, seorang bayi berusia 5 bulan dan ayahnya yang sedang menggendong bayi itu terkena ledakan pada waktu akan masuk gedung. Ibunya terluka parah," ucap Zelensky dalam pidatonya.

"Itu adalah realita yang dihadapi negara kita yang dialami sejak 24 Februari," imbuhnya.

Simak Video: Putin Akui Rusia Dilanda Krisis Ekonomi, Tapi Bukan Karena Perang

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT