Presiden Ukraina Tuduh Rusia Lakukan Genosida di Donbas

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 06:27 WIB
In this image from video provided by the Ukrainian Presidential Press Office, Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks from Kyiv, Ukraine, Tuesday, April 12, 2022. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Foto Volodymyr Zelensky: Ukrainian Presidential Press Office via AP
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan genosida di wilayah Donbas. Zelensky menuduh Rusia ingin menghancurkan kota-kotanya menjadi abu.

"Semua ini, termasuk deportasi orang-orang kami dan pembunuhan massal warga sipil, adalah kebijakan genosida yang jelas dilakukan oleh Rusia," kata Zelensky dilansir AFP, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, serangan Moskow di Donbas pada akhirnya bisa membuat wilayah itu 'tidak berpenghuni'. Diketahui, pada April lalu, parlemen Ukraina mendukung resolusi yang mengakui tindakan militer Rusia di negara itu sebagai 'genosida'.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebelumnya menuduh pasukan militer Rusia di bawah Presiden Rusia Vladimir Putin telah melakukan genosida di Ukraina. Ini menjadi momen pertama kalinya bagi pemerintahan Biden menggunakan istilah genosida terkait invasi Rusia ke Ukraina.

"Iya, saya menyebutnya genosida," tegas Biden kepada wartawan yang mendampinginya dalam kunjungan ke Iowa, saat ditanya soal penggunaan istilah itu dalam pidato pada Selasa (12/4) waktu setempat, seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (13/4).

"Itu menjadi lebih jelas dan semakin jelas bahwa Putin berusaha menghapus bahkan gagasan untuk bisa menjadi seorang warga Ukraina," lanjut Biden.

Lihat video 'Mayat Bergelimpangan di Stasiun Pusat Kota Kharkiv Usai Serangan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]