Resolusi Ukraina dan Rusia Gagal di Sidang WHO

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 01:30 WIB
Warga kembali ke desa Moshchun di wilayah Kyiv, Ukraina. Diketahui desa itu berhasil direbut kembali dari Rusia di tengah perang yang masih berkecamuk di Ukraina
Ilustrasi (REUTERS/EDGAR SU)
Jakarta -

Sebuah resolusi Rusia tentang krisis kesehatan di Ukraina yang dilanda perang--yang tidak mengacu pada invasi Rusia-- ditolak mentah-mentah oleh negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/5/2022), 15 negara memberikan suara mendukung resolusi yang disponsori bersama oleh Suriah, sementara 66 memilih menentang di Majelis Kesehatan Dunia, pertemuan tahunan 194 negara yang berfungsi sebagai badan pembuat keputusan badan kesehatan PBB.

Sebuah resolusi Ukraina sebelumnya yang mengutuk "agresi militer" Rusia di Ukraina "dalam istilah yang paling keras", dan meminta Moskow untuk "menghentikan serangan terhadap rumah sakit", disahkan dengan 88 suara berbanding 12.

"Kami dengan tegas menentang sejumlah ketentuan yang tidak berdasarkan fakta," kata wakil duta besar Rusia Alexander Alimov kepada majelis setelah pemungutan suara.

"Tidak dapat diterima menggunakan WHO sebagai dasar untuk menstigmatisasi satu negara demi mempertahankan kekuatan dominasi global dari kelompok negara lain," katanya.

Menurutnya, setiap upaya untuk mengisolasi atau menyalahkan Federasi Rusia secara khusus atas situasi kesehatan di negara itu tidak dapat diterima.

"Rusia membawa perdamaian ke Ukraina."

Lihat video 'Mayat Bergelimpangan di Stasiun Pusat Kota Kharkiv Usai Serangan Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)