Besok, Zelensky Bakal Update Ukraina ke Warga Indonesia di Forum FPCI

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 20:08 WIB
The 75th Cannes Film Festival - Opening ceremony and screening of the film Coupez (Final Cut) Out of competition - Cannes, France, May 17, 2022.   Ukraines President Volodymyr Zelenskiy is seen on a screen as he delivers a video address. REUTERS/Eric Gaillard
Foto: Presiden Ukraina V Zelenskiy (REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky disebut akan berbicara di hadapan warga Indonesia secara daring besok sore. Zelensky disebut akan memaparkan prespektifnya terkait invasi Rusia di Ukraina yang kerap simpang siur.

Zelensky akan berbicara dalam forum yang diselenggarakan oleh komunitas hubungan internasional di Indonesia dan Asia Tenggara atau Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Jumat (27/5) besok. Acara akan disiarkan lewat channel Youtube FPCI pada pukul 15.00 WIB.

"Besok pukul 15.00 WIB. Acara ini dalam rangka untuk mendapatkan update yang langsung dari Presiden Ukraina untuk publik Indonesia," kata Pendiri FPCI Dino Patti Djalal, Kamis (26/5).

Dia menjelaskan bahwa nantinya Zelensky akan menjelaskan berbagai hal tentang kondisi Ukraina saat ini. Pasalnya selama ini informasi terkait kondisi Ukraina disebut kerap simpang siur.

"Jadi selama ini kan banyak yang simpang siur terkait Ukraina. Jadi kami mengundang Presiden Zelensky untuk pertama kalinya kepada publik Indonesia dan Asia. Nanti akan disampaikan pandangan Ukraina seperti apa," tuturnya.

Dia juga mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia jangan kehilangan prespektif soal konflik antara Ukraina dan Rusia saat ini. Sebab, saat ini kondisinya adalah invasi, bukan perang.

"Kita jangan kehilangan prespektif. Ini bukan dua negara yang sedang perang. Tapi ini satu negara yang sedang diinvasi," ungkapnya.

(rdp/gbr)