Pelaku Penembakan Massal di SD Texas Beli 2 Senapan Saat Ulang Tahun

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 12:32 WIB
Aksi penembakan di SD kawasan Texas, AS, menewaskan 21 orang. Insiden itu sebabkan sejumlah anak dievakuasi sementara polisi jaga ketat lokasi kejadian.
Aparat penegak hukum berjaga di luar Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, yang menjadi lokasi penembakan massal (dok. Reuters)
Texas -

Pelaku penembakan massal di Sekolah Dasar Robb di Texas, Amerika Serikat (AS), yang menewaskan 21 orang dilaporkan membeli dua senapan saat ulang tahun ke-18. Motif di balik penembakan mematikan itu masih diselidiki oleh otoritas setempat.

Seperti dilansir Associated Press dan ABC News, Rabu (25/5/2022), Senator negara bagian Texas, Roland Gutierrez, yang telah mendapatkan penjelasan dari kepolisian negara bagian, menuturkan bahwa pelaku membeli dua senapan bergaya militer pada ulang tahun ke-18.

"Itu adalah hal pertama yang dilakukannya pada ulang tahun ke-18," ungkap Gutierrez.

Dia juga menyebut bahwa pelaku sempat mengisyaratkan via media sosial bahwa serangan akan terjadi. "Dia menyarankan anak-anak harus berhati-hati," sebut Gutierrez merujuk pada pelaku.

Serangan penembakan itu, menurut juru bicara Departemen Keselamatan Publik Texas Travis Considine, dimulai pada Selasa (24/5) siang sekitar pukul 11.30 waktu setempat, ketika pelaku menabrakkan mobilnya di luar sekolah dan berlari ke dalam gedung.

Seorang warga lokal yang mendengar tabrakan itu menghubungi 911, dan dua polisi setempat sempat terlibat baku tembak dengan pelaku. Kedua polisi itu terkena tembakan, namun tidak diketahui secara jelas di bagian mana konfrontasi terjadi atau berapa lama waktu berlalu sebelum polisi lainnya tiba di lokasi.

Sementara tim agen Patroli Perbatasan AS -- Uvalde diketahui hanya berjarak 1 jam dari perbatasan Meksiko -- bergegas ke sekolah tersebut, termasuk 10-15 anggota unit taktis dan kontraterorisme seperti SWAT.

Seorang pejabat penegak hukum setempat yang enggan disebut namanya menuturkan bahwa satu agen Patroli Perbatasan AS yang bertugas di dekat lokasi saat penembakan terjadi, bergegas mendatangi sekolah itu tanpa menunggu bantuan dan langsung menembak pelaku, yang ada di belakang barikade, hingga tewas.

Simak Video: Kemarahan Taylor Swift-Becky Atas Insiden Penembakan di Texas

[Gambas:Video 20detik]