Rentetan Tragedi Penembakan Massal Mematikan di Sekolah AS

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 11:43 WIB
Police walk near Robb Elementary School following a shooting, Tuesday, May 24, 2022, in Uvalde, Texas. (AP Photo/Dario Lopez-Mills)
Polisi AS siaga di Sekolah Dasar Robb di Texas, yang menjadi lokasi penembakan massal (AP Photo/Dario Lopez-Mills)
Washington DC - Penembakan massal di sekolah tercatat sudah terjadi belasan kali dalam beberapa tahun terakhir di wilayah Amerika Serikat (AS). Yang terbaru terjadi di wilayah Uvalde, Texas, dengan sedikitnya 21 orang termasuk 19 anak-anak tewas dalam penembakan yang didalangi seorang remaja berusia 18 tahun.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (25/5/2022), merunut ke belakang hingga tahun 1999, korban tewas dalam penembakan massal di sekolah-sekolah AS tercatat mencapai 10 orang atau lebih. Sebelum tahun 1999, jumlah korban tewas cenderung mencapai angka satu digit.

ABC News menyebut penembakan massal di Sekolah Dasar (SD) Robb di Uvalde, Texas, pada Selasa (24/5) waktu setempat tercatat sebagai penembakan paling mematikan di sekolah dasar di AS, sejak penembakan brutal di SD Sandy Hook di Newton, Connecticut, nyaris satu dekade lalu yang menewaskan 26 orang.

Berikut rentetan tragedi penembakan massal yang terjadi di sekolah-sekolah AS beberapa tahun terakhir:

- Sekolah Dasar Robb, Mei 2022

Seorang remaja laki-laki berusia 18 tahun melepas tembakan di dalam Sekolah Dasar Robb yang terletak di Uvalde, Texas, pada Selasa (24/5) waktu setempat. Otoritas setempat menyebut penembakan ini menewaskan 19 anak-anak dan dua orang dewasa. Pelaku tewas ditembak oleh aparat penegak hukum di lokasi.

- Sekolah Menengah Santa Fe, Mei 2018

Seorang remaja berusia 17 tahun menembaki orang-orang di dalam Sekolah Menengah Santa Fe yang terletak di area Houston, Texas. Pelaku penembakan kemudian didakwa atas pembunuhan.

- Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas, Februari 2018

Sebuah serangan penembakan menewaskan 14 siswa dan tiga staf di Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas yang terletak di Parkland, Florida. Banyak orang lainnya mengalami luka-luka dalam penembakan ini. Pelaku penembakan yang berusia 20 tahun telah didakwa atas pembunuhan.

- Umpqua Community College, Oktober 2015

Seorang pria menembak mati sembilan orang di dalam Umpqua Community College yang terletak di Roseburg, Oregon. Sembilan orang lainnya mengalami luka-luka dalam penembakan fatal ini. Pelaku penembakan kemudian mengakhiri nyawanya sendiri.

- Sekolah Dasar Sandy Hook, Desember 2012

Seorang pemuda berusia 19 tahun menembak mati ibundanya di rumah mereka di Newtown, Connecticut, sebelum mendatangi Sekolah Dasar Sandy Hook dan melakukan penembakan brutal di sana. Sedikitnya 20 siswa kelas satu tewas dalam penembakan itu, bersama enam staf dan guru mereka.

Pelaku penembakan kemudian menghabisi nyawa sendiri.

- Virginia Tech, April 2007

Seorang mahasiswa berusia 23 tahun menewaskan 32 orang dalam penembakan massal di kampus Virginia Tech yang ada di Blacksburg, Virginia, pada April 2007. Lebih dari dua lusin orang lainnya mengalami luka-luka dalam penembakan ini. Pelaku penembakan lantas mengakhiri nyawanya sendiri.

- Sekolah Menengah Red Lake, Maret 2005

Seorang siswa berusia 16 tahun membunuh ayahnya dan pendamping ayahnya di rumah mereka di Minnesota. Pelaku kemudian mendatangi Sekolah Menengah Red Lake dan melakukan penembakan hingga menewaskan lima siswa, seorang guru dan seorang petugas keamanan sebelum menembak dirinya sendiri.

- Sekolah Menengah Columbine, April 1999

Dua siswa melakukan penembakan brutal dan menewaskan 12 siswa beserta seorang guru di Sekolah Menengah Columbine yang terletak di Littleton, Colorado. Banyak orang lainnya mengalami luka-luka dalam penembakan ini, sebelum kedua pelaku menghabisi nyawa mereka sendiri.

Simak Video 'Penembakan di Sekolah Texas, 14 Siswa dan 1 Guru Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idh)