Bersalah Atas Kejahatan Perang di Ukraina, Tentara Rusia Dibui Seumur Hidup

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 17:58 WIB
Seorang tentara Rusia diadili atas tuduhan kejahatan perang di Kyiv, Ukraina. Ia mengaku telah menembak warga sipil tak bersenjata saat invasi di Ukraina.
Tentara Rusia yang bernama Vadim Shishimarin dinyatakan bersalah atas kejahatan perang di Ukraina dan dibui seumur hidup (dok. AP Photo)
Kiev -

Pengadilan Ukraina menyatakan seorang tentara Rusia berusia 21 tahun yang pertama diadili di negara tersebut, bersalah atas dakwaan kejahatan perang. Tentara Rusia itu yang membunuh seorang warga sipil itu pun dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Vonis pengadilan Ukraina terhadap tentara Rusia bernama Vadim Shishimarin ini menjadi putusan pertama yang dijatuhkan terhadap tentara Rusia sejak invasi dilancarkan pada 24 Februari lalu.

"Pengadilan telah memutuskan bahwa Shishimarin bersalah dan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup," ucap hakim pengadilan Ukraina, Sergiy Agafonov, dalam putusannya, seperti dilansir AFP, Senin (23/5/2022).

Dalam persidangan sebelumnya yang digelar pekan lalu, Shishimarin yang berpangkat Sersan ini mengakui telah menembak mati seorang warga sipil bernama Oleksandr Shelipov (62) pada awal-awal invasi Rusia ke Ukraina, yang dimulai 24 Februari lalu.

Shishimarin juga telah menyampaikan permohonan maaf atas perbuatannya dalam persidangan sebelumnya pada hari Kamis (19/5) pekan lalu.

"Saya tahu bahwa Anda tidak akan bisa memaafkan saya, tetapi saya tetap meminta maaf kepada Anda," kata Shishimarin di pengadilan, berbicara kepada istri dari Shelipov yang dibunuhnya.

Disebutkan jaksa Ukraina dalam persidangan sebelumnya bahwa Shishimarin bersama empat tentara Rusia lainnya mencuri sebuah mobil, dan saat mereka melakukan perjalanan di dekat Chupakhivka, mereka bertemu dengan Shelipov.

Simak Video 'Seorang Tentara Rusia Mengaku Bersalah atas Kejahatan Perang di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]