Ancaman Nuklir Korut Jadi Agenda Utama Pertemuan Biden-Presiden Korsel

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 13:56 WIB
U.S. President Joe Biden, right, speaks during a news conference with South Korean President Yoon Suk Yeol, left, at the Peoples House, Saturday, May 21, 2022, in Seoul. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Korsel Yoon Suk-Yeol dan Prsiden AS Joe Biden bertemu di Seoul (AP Photo/Evan Vucci)
Seoul -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang tengah berkunjung ke Korea Selatan (Korsel) akan bertemu langsung dengan Presiden Yoon Suk-Yeol yang baru saja menjabat. Pertemuan keduanya akan digelar di tengah kekhawatiran pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un akan melancarkan uji coba nuklir terbaru.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (21/5/2022), Biden dan Yoon akan bertemu di Seoul untuk pertama kalinya sejak Yoon dilantik sebagai Presiden baru Korsel sekitar 11 hari lalu. Informasi intelijen sebelumnya menyebut Kim Jong-Un bersiap menggelar uji coba nuklir atau rudal selama Biden berada di Korsel.

Seorang pejabat senior pemerintahan Biden menuturkan bahwa kedua pemimpin dalam pertemuannya akan membahas kerja sama nuklir, dan bahwa As tetap siap untuk melakukan diplomasi dengan Korut. Kedua pemimpin juga disebut akan mencari cara untuk memecah kebuntuan diplomatik dengan Korut.

"Kami sangat ingin menemukan cara untuk melakukan pendekatan diplomatik," sebut pejabat senior AS yang enggan disebut namanya tersebut.

"Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa kami siap untuk berbicara dengan mereka, dan tanpa prasyarat, dan kami juga siap mengambil langkah-langkah untuk mengatasi tantangan domestik mereka, termasuk COVID," imbuhnya.

Namun tidak diketahui secara jelas bagaimana Biden dan Yoon akan memulai kembali pembicaraan dengan Korut, yang terus menolak upaya-upaya AS untuk melanjutkan perundingan sejak Biden menjabat tahun lalu.

Yoon mengisyaratkan sikap lebih keras terhadap Korut dibandingkan pendahulunya dan diperkirakan akan meminta bantuan Biden.