3 Orang Tewas Akibat Serangan Rudal Israel di Dekat Ibu Kota Suriah

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 10:52 WIB
FILE PHOTO: Fences are seen on the ceasefire line between Israel and Syria in the Israeli-occupied Golan Heights March 25, 2019. REUTERS/Ammar Awad/File Photo
Israel dilaporkan melancarkan serangan rudal dari Dataran Tinggi Golan -- yang dikuasai Israel dan Suriah -- menuju target di dekat Damaskus, Suriah (dok. REUTERS/Ammar Awad/File Photo)
Damaskus -

Israel dilaporkan menembakkan sejumlah rudal dari Dataran Tinggi Golan terhadap target di wilayah selatan ibu kota Damaskus, Suriah. Sedikitnya tiga orang dilaporkan tewas akibat serangan rudal Israel ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (21/5/2022), Kementerian Pertahanan Suriah dalam pernyataannya menyebut serangan rudal Israel pada Jumat (20/5) waktu setempat itu sebagai 'agresi'. Disebutkan juga bahwa serangan rudal itu memicu sejumlah kerusakan material.

"Musuh Israel melancarkan agresi... yang memicu kematian tiga martir dan sejumlah kerugian material," demikian seperti dilaporkan kantor berita Suriah, SANA, yang mengutip sumber militer Suriah.

Lebih lanjut dituturkan sumber militer Suriah bahwa serangan rudal itu berasal dari bagian wilayah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel dan berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara Suriah.

Laporan televisi nasional Suriah menyebut sistem pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh sejumlah rudal di pinggiran Damaskus. Sementara koresponden AFP di Damaskus melaporkan mereka mendengar suara-suara keras pada Jumat (20/5) malam.

Kelompok pemantau perang, Syrian Observatory for Human Rights, melaporkan tiga orang yang tewas merupakan perwira dan empat orang lainnya yang merupakan awak pertahanan udara mengalami luka-luka.

Menurut Syrian Observatory, serangan rudal Israel itu menargetkan posisi dan depot senjata Iran di dekat Damaskus.