Kebakaran Hebat Terjadi di Bandara Jenewa Swiss, Penerbangan Terganggu

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 00:52 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Foto: Thinkstock
Jenewa -

Kebakaran besar terjadi di sebuah bandara di Jenewa, Swiss. Imbasnya, penerbangan menuju dan keluar bandara untuk sementara terganggu terganggu.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (21/5/2022), kebakaran besar dilaporkan pihak setempat terjadi tepat di luar pagar pembatas bandara. Asap hitam awalnya terlihat muncul dari lokasi konstruksi yang merupakan lokasi pusat pencari suaka di masa depan.

"Karena kebakaran di tepi landasan pacu, pendaratan dan lepas landas telah ditangguhkan sejak 17:35 (1535 GMT)," kata pihak bandara lewat akun Twitternya.

"Pembukaan kembali landasan pacu, untuk lepas landas pada awalnya, diperkirakan sekitar pukul 19:00 (1700 GMT)," lanjut akun itu.

Sementara itu, juru bicara bandara Ignace Jeannerat pada malam hari mengatakan kepada AFP bahwa api "sudah terkendali". Meski begitu, dia menyebut staf perlu "mengamankan daerah itu dan menghilangkan puing-puing".

"Api itu di luar perimeter bandara dan menciptakan banyak asap", katanya.

Sekitar pukul 16.30 GMT, seorang jurnalis AFP mencatat bahwa tidak ada api atau asap yang terlihat. Petugas pemadam kebakaran terus menyemprot ke bawah gedung, yang dikelilingi oleh perancah dan terpal.

Beberapa penerbangan masuk dialihkan ke Lyon dan Basel.

Jenewa adalah bandara tersibuk kedua di Swiss setelah Zurich. Terjepit di tepi wilayah Swiss, landasan pacu berada di sebelah perbatasan dengan Prancis.

(maa/maa)