Kongres AS Setujui Paket Bantuan Tambahan Rp 586 Triliun untuk Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 12:50 WIB
Bangkai tank Rusia di jalanan Ukraina
Dampak invasi Rusia ke wilayah Ukraina (dok. Associated Press)
Washington DC -

Kongres Amerika Serikat (AS) menyetujui paket bantuan senilai US$ 40 miliar (Rp 586,5 triliun) untuk Ukraina. Ini menjadi tahap terbaru bantuan AS di bawah janji Presiden Joe Biden untuk dukungan tak tergoyahkan bagi Kiev dalam perjuangannya melawan invasi Rusia.

Seperti dilansir AFP, Jumat (20/5/2022), pemungutan suara untuk paket bantuan Ukraina itu menjadi langkah bipartisan yang tidak biasa dalam kongres AS yang terpecah-belah.

"Bantuan untuk Ukraina jauh melampaui amal," sebut pemimpin minoritas Senat AS dari Partai Republik, Mitch McConnell.

"Masa depan keamanan Amerika dan kepentingan strategis inti akan dibentuk oleh hasil pertarungan ini," imbuhnya.

Paket bantuan itu mencakup dana US$ 6 miliar yang dialokasikan bagi Ukraina untuk meningkatkan inventaris kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara.

Lalu dana nyaris sebesar US$ 9 miliar yang dialokasikan untuk membantu 'keberlangsungan pemerintah' Ukraina, di antara target-target lainnya yang mencakup bantuan kemanusiaan.

Kongres AS sudah menyetujui dana sebesar US$ 14 miliar untuk Ukraina pada pertengahan Maret lalu, hanya beberapa pekan setelah Rusia melancarkan invasinya. Namun saat pertempuran bergeser dari ibu kota Kiev ke wilayah Ukraina bagian timur dan selatan, Biden menyerukan dukungan keuangan terbaru untuk Ukraina.