Di Tengah Amukan Corona, Korea Utara Siapkan Uji Coba Nuklir

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 12:50 WIB
Kim Jong Un terus mengembangkan senjata nuklirnya. Bahkan pemimpin Korut  itu nekat melakukan ujicoba nuklir meski ditentang sejumlah negara, terutama AS.
ilustrasi uji coba nuklir Korea Utara (Foto: KCNA/Reuters)
Jakarta -

Korea Utara (Korut) dilaporkan telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir dan sedang mencari saat terbaik untuk melaksanakannya.

Demikian disampaikan seorang anggota parlemen Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (19/5), sehari sebelum Presiden Amerika Serikat Joe Biden dijadwalkan tiba di Seoul, Korsel, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (19/5/2022).

"Terlepas dari wabah COVID-19 Korea Utara saat ini, persiapan untuk uji coba nuklir telah selesai dan mereka hanya mencari waktu yang tepat", kata anggota parlemen Ha Tae-keung kepada wartawan setelah diberikan briefing oleh Badan Intelijen Nasional Seoul.

Amerika Serikat sebelumnya mengatakan pihaknya yakin ada "kemungkinan nyata" bahwa Korea Utara dapat melakukan uji coba nuklir saat Biden melakukan perjalanan pertamanya sebagai presiden ke Asia.

Biden dijadwalkan tiba di Seoul pada Jumat (20/5) malam waktu setempat untuk serangkaian pertemuan puncak.

"Intelijen kami memang melihat kemungkinan asli uji coba rudal berkemampuan nuklir atau uji coba senjata nuklir pada sekitar waktu perjalanan Biden," kata Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan.

Citra satelit menunjukkan Korea Utara sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir. Amerika Serikat dan Korea Selatan telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa uji coba nuklir itu bisa terjadi kapan saja.