AS Sebut Korut Mungkin Uji Coba Nuklir Saat Biden Kunjungi Asia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 04:02 WIB
Korea Utara (Korut) telah berhasil menguji coba rudal hipersonik pada Selasa (28/9) waktu setempat. Ini akan menjadi kemajuan terbaru negara bersenjata nuklir tersebut dalam teknologi senjata.
Ilustrasi rudal nuklir Korea Utara (AP Photo/Ahn Young-joon).
Washington -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan kunjungan ke beberapa negara Asia. AS menyebut ada kemungkinan Korea Utara bakal uji coba nuklir diwaktu yang sama.

Dilansir dari AFP, Biden akan berangkat ke negara sekutu AS, Korea Selatan, dan Jepang, pada Kamis (19/5). Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan Intelijen Amerika Serikat yakin bahwa uji coba senjata nuklir Korut dilakukan saat Biden melakukan kunjungan tersebut.

Sullivan mengatakan ada kemungkinan bahwa Korea Utara, yang telah menentang sanksi PBB dalam melakukan serangkaian uji coba rudal tahun ini, dapat menggunakan kunjungan Biden untuk melakukan "provokasi."

Ini bisa berarti "uji coba rudal lebih lanjut, uji coba rudal jarak jauh, atau uji coba nuklir, atau terus terang keduanya, pada hari-hari menjelang, pada atau setelah perjalanan presiden ke wilayah tersebut," katanya.

Pemerintahan Biden siap untuk "membuat penyesuaian jangka pendek dan jangka panjang pada postur militer kami sebagaimana diperlukan untuk memastikan bahwa kami memberikan pencegahan defensif kepada sekutu kami di kawasan dan bahwa kami merespons."

(aik/aik)