AS Buka Kembali Kedutaan di Kiev Setelah Tutup Gegara Invasi Rusia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 04:35 WIB
Washington -

Amerika Serikat (AS) membuka kembali kedutaannya di Kiev, Ukraina usai tutup karena perang invasi Rusia. Tiga bulan lamanya kedutaan tersebut ditutup.

"Rakyat Ukraina, dengan bantuan keamanan kami, telah mempertahankan tanah air mereka dalam menghadapi invasi Rusia yang tidak berbudi, dan, sebagai akibatnya, Bintang dan Garis terbang di atas kedutaan sekali lagi," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Kamis (19/5/2022). .

"Kami berdiri dengan bangga, dan terus mendukung, pemerintah dan rakyat Ukraina saat mereka membela negara mereka dari perang agresi brutal Kremlin," ucapnya.

Departemen Luar Negeri menutup kedutaan di Kiev pada 14 Februari, 10 hari sebelum pasukan Rusia menyerbu perbatasan.

Para diplomat AS terus menawarkan layanan dari kota barat jauh Lviv, terkadang bermalam di negara tetangga Polandia karena masalah keamanan.

Kembalinya ke Kiev terjadi beberapa minggu setelah pasukan Ukraina mengalahkan upaya Rusia untuk menguasai Ukraina utara dan ibu kota, dan perang menjadi terpusat di timur dan selatan negara itu.

"Saat kami mengambil langkah penting ini, kami telah mengajukan langkah-langkah tambahan untuk meningkatkan keselamatan rekan-rekan kami yang kembali ke Kyiv dan telah meningkatkan langkah-langkah dan protokol keamanan kami," kata Blinken.

(aik/aik)