Dihantam Pandemi, Korut Kerahkan 10.000 Petugas Lacak Pasien Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 10:21 WIB
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) mengerahkan lebih 10.000 petugas untuk membantu melacak pasien virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Korut sebelumnya juga mengerahkan tentara untuk membantu penyaluran obat-obatan selama pandemi Corona.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (17/5/2022), Korut yang terisolasi ini tengah berjuang menghadapi gelombang wabah Corona setelah untuk pertama kalinya mengonfirmasi keberadaan kasus Corona di wilayahnya pekan lalu.

Wabah Corona di Korut memicu kekhawatiran besar karena kurangnya pasokan vaksin Corona dan tidak memadainya infrastruktur medis di negara tersebut.

Laporan kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) menyebut bahwa markas besar pencegahan epidemi darurat negara melaporkan tambahan 269.510 orang yang mengalami gejala demam, sehingga totalnya mencapai 1.483.060 orang.

Total kematian akibat penyakit yang disebut 'demam' itu dilaporkan mencapai 56 orang hingga Senin (16/5) malam waktu setempat.

Tidak disebutkan lebih lanjut oleh otoritas Korut soal berapa banyak orang yang dinyatakan positif Corona.

KCNA juga melaporkan bahwa 'kekuatan yang kuat' dari korps medis militer Korut telah dikerahkan untuk meningkatkan pasokan obat-obatan di ibu kota Pyongyang -- pusat wabah Corona -- menyusul perintah dari pemimpin Korut Kim Jong-Un.