Kapal Angkut Migran Tenggelam di Aljazair: 11 Tewas, 5 Diselamatkan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 02:21 WIB
Tim SAR Gabungan saat mencari nelayan korban dampak cuaca buruk pekan lalu dan menemukan kapal motor yang tenggelam di perairan Kalbar (Foto ANTARA/HO)
Foto: ilustrasi kapal tenggeralam (Foto ANTARA/HO)
Algiers - Sebuah kapal yang mengangkut migran tenggelam di lepas pantai Aljazair ketika hendak mencapai Eropa. Ada sebelas migran tewas dan lima orang lainnya berhasil diselamatkan dalam peristiwa itu.

Dilansir dari AFP, Selasa (17/5/2022), saluran TV swasta El-Hayet mengatakan di halaman Facebook-nya bahwa 11 migran klandestin yang berlayar dari Fouka (dekat Tipaza, barat Aljazair) telah meninggal dan lima orang dengan dua di antaranya anak-anak berhasil diselamatkan.

LSM Spanyol Cipimd yang mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi migran yang hilang, mencuit bahwa sebuah kapal yang membawa 16 orang, termasuk wanita dan anak-anak, karam pada Minggu (15/5) malam di lepas pantai Tipaza.

"Mereka menuju kepulauan Balearic," katanya.

"Mereka yang selamat menghabiskan 14 jam di dalam air sebelum diselamatkan oleh kapal Mesir yang menyerahkan mereka kepada pihak berwenang Aljazair," tambahnya.

Kementerian Pertahanan Aljazair menyebut penjaga pantai Aljazair telah menggagalkan beberapa upaya emigrasi ilegal dan menyelamatkan 172 orang di atas kapal darurat pada 4 dan 11 Mei.

Menurut LSM Spanyol Caminando Fronteras pada tahun 2021 ada 4.404 migran meninggal atau hilang selama upaya putus asa untuk mencapai Spanyol. Angka itu menjadi jumlah korban terburuk sejak 2015.

Lihat juga video 'Kapal Berpenumpang 22 Orang Kecelakaan di Inhil Riau':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)