Shanghai Mulai Sembuh dari Corona, Targetkan Hidup Normal Lagi 1 Juni

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 12:43 WIB
Residents stand on a street waiting for nucleic acid test during lockdown amid the coronavirus disease (COVID-19) pandemic, in Shanghai, China, April 17, 2022. REUTERS/Aly Song
Situasi lockdown Corona di kota Shanghai, China, beberapa waktu lalu (dok. REUTERS/ALY SONG)
Shanghai -

Otoritas kota Shanghai di China yang dihantam wabah virus Corona (COVID-19) beberapa waktu terakhir, berencana mulai melonggarkan pembatasan-pembatasan. Kota Shanghai berniat membuka kembali wilayahnya secara luas dan mengizinkan kehidupan normal kembali mulai 1 Juni mendatang.

Langkah tersebut diambil setelah otoritas kota Shanghai menetapkan 15 distrik dari total 16 distrik telah menghilangkan kasus Corona di luar area karantina. Demikian seperti dilansir Reuters, Senin (16/5/2022).

Wakil Wali Kota Shanghai, Zong Ming, dalam konferensi pers membeberkan kerangka waktu paling jelas untuk kembalinya kehidupan normal di kota berpenduduk 25 juta orang itu, setelah menjalani lockdown ketat selama enam pekan akibat wabah Corona yang membuat frustrasi warga setempat.

Para pejabat kota Shanghai menyatakan epidemi Corona di kota tersebut berhasil dikendalikan, namun juga mengumumkan target hingga 21 Mei untuk mencegah penularan ulang, yang berarti banyak pembatasan masih akan berlaku.

Menghilangkan kasus di luar area karantina menjadi syarat utama untuk bisa melanjutkan kehidupan normal di bawah kebijakan ketat nol-COVID di China.

Rencananya, otoritas kota Shanghai akan secara bertahap meningkatkan penerbangan domestik dan layanan kereta api. Mulai Senin (16/5) waktu setempat, kota Shanghai akan membuka kembali supermarket, pertokoan dan apotek setempat.

Lihat video 'Strategi 'Zero-Covid' Dikritik Tak Efektif, China Minta WHO Objektif':

[Gambas:Video 20detik]