Presiden Ukraina Dorong AS Masukkan Rusia Sebagai 'Negara Teroris'

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 14:32 WIB
Jaket Presiden Ukraina yang dilelang.
Foto: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Twitter/@UkrEmbLondon)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan delegasi kongres Amerika Serikat yang dipimpin oleh Pemimpin Senat Mitch McConnell di Kyiv Sabtu. Zelensky menyerukan agar Rusia secara resmi diakui sebagai 'negara teroris'.

Dilansir dari CNN Minggu (15/5/2022), McConnell mengatakan dalam sebuah pernyataan Sabtu (14/5) malam bahwa delegasi 'baru saja meninggalkan' Ukraina dan menyebutnya sebagai 'kehormatan' untuk bertemu dengan Zelensky dan penasihat seniornya.

McConnell bergabung dalam perjalanan mendadak itu oleh Senator Republik Susan Collins dari Maine, John Barrasso dari Wyoming dan John Cornyn dari Texas.

McConnell dan para senator lainnya menjadi pejabat AS terakhir yang mengunjungi Ukraina sejak Rusia menginvasi negara Eropa timur itu pada akhir Februari.

Politikus Republikan Kentucky itu mengatakan dalam pernyataannya bahwa delegasi menegaskan kembali kepada Zelensky 'bahwa Amerika Serikat berdiri tepat di belakang Ukraina dan akan mempertahankan dukungan kami sampai Ukraina memenangkan perang ini. Juga penting bahwa Amerika tidak berdiri sendiri'.

"Adalah kepentingan nasional kita untuk membantu Ukraina mencapai kemenangan dalam perang ini dan untuk membantu Ukraina dan negara-negara lain mencegah perang agresi lainnya sebelum dimulai," ujar McConnell.

Sementara itu, dalam pidatonya, Zelensky mengatakan dia membahas dukungan AS untuk Ukraina dan memperketat sanksi terhadap Rusia dengan delegasi.

"Saya percaya bahwa kunjungan ini sekali lagi menunjukkan kekuatan dukungan bipartisan untuk negara kita, kekuatan hubungan antara negara-negara Ukraina dan Amerika," kata Zelensky.

Lihat juga Video: Hadiri KTT ASEAN-AS, Jokowi Minta Perang di Ukraina Segera Diakhiri

[Gambas:Video 20detik]