Jokowi di AS Serukan Setop Perang, Legislator PD Harap Ada Langkah Nyata

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 08:45 WIB
Anggota Komisi I Fraksi Partai Demokrat Rizki Natakusumah
Foto: Anggota Komisi I Fraksi Partai Demokrat Rizki Natakusumah (dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyerukan perang Rusia dan Ukraina agar segera dihentikan. Seruan itu diharapkan dapat menggerakkan pemimpin dunia untuk melakukan aksi nyata.

"Kami mengapresiasi manuver diplomatik Presiden Jokowi yang mengangkat pentingnya menghentikan konflik Rusia-Ukraina di forum tinggi kepala negara penting dunia. Kami berharap komunikasi tersebut disampaikan dengan pendekatan yang meyakinkan sehingga mampu menggerakkan pemimpin dunia untuk melakukan aksi nyata," kata Rizki kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Legislator Partai Demokrat (PD) itu mendorong agar Jokowi mengerahkan organ-organ pemerintah Indonesia untuk melaksanakan apa yang disampaikannya. Menurutya, hal itu perlu dilakukan agar seruan Jokowi itu tidak hanya sebatas kata-kata.

"Jangan sampai pernyataan presiden hanya kata-kata belaka tanpa disertai tindakan nyata untuk menyelesaikan konflik Rusia-Ukraina," ucapnya.

Dia juga mendorong agar seluruh elemen politik global bergerak ke arah penyelesaian konflik secara kolaboratif. Jika seluruh pihak mengerti bagaimana konflik tersebut menciptakan gelombang negatif ekonomi serta finansial, seharusnya upaya penyelesaian masalah secara damai bisa dilakukan.

"Hal ini menjadi peringatan kepada semua pihak bahwa intensi saja tidak cukup. Harus ada langkah nyata untuk menyelesaikan konflik kedua negara ini," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Simak Video: Hadiri KTT ASEAN-AS, Jokowi Minta Perang di Ukraina Segera Diakhiri

[Gambas:Video 20detik]