Putin-Kanselir Jerman Teleponan Bahas Perang di Ukraina

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 16:26 WIB
Rusia merayakan hari kemenangan atas Nazi Jerman pada 1945. Perayaan yang dimeriahkan dengan parade militer itu juga dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Mikhail Metzel, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Jakarta -

Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara di telepon mengenai perang di Ukraina. Ini merupakan pembicaraan keduanya untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu untuk membahas pembicaraan damai Ukraina yang terhenti.

Dilansir dari DW, Sabtu (14/5/2022), Putin dilaporkan mengatakan kepada pemimpin Jerman itu bahwa pembicaraan damai tentang konflik itu "pada dasarnya diblokir" oleh pemerintah Ukraina. Demikian disampaikan Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Dalam percakapan via telepon pada Jumat (13/5) waktu setempat itu, Putin juga mengatakan kepada Scholz bahwa Moskow sedang memerangi "ideologi Nazi" di Ukraina.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Scholz mengkonfirmasi soal panggilan telepon itu. Kanselir Jerman itu mengatakan dia telah mendesak Putin untuk segera melakukan gencatan senjata di Ukraina. Dia juga menekankan bahwa klaim pemimpin Rusia bahwa Nazi bertanggung jawab atas negara itu adalah "salah."

"Saya juga mengingatkannya tentang tanggung jawab Rusia atas situasi pangan global," tambah kanselir Jerman itu.

Menurut sebuah pernyataan pemerintah Jerman, percakapan via telepon itu berlangsung selama 75 menit. Selain segera menerapkan gencatan senjata, Scholz juga meminta Putin untuk segera "memperbaiki situasi kemanusiaan di lapangan dan [membuat] kemajuan dalam mencari solusi diplomatik untuk konflik tersebut."

Desakan untuk melakukan gencatan senjata juga disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd Austin dalam pembicaraan via telepon dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu. Ini merupakan pembicaraan telepon pertama antara keduanya sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.

Simak juga 'Hadiri KTT ASEAN-AS, Jokowi Minta Perang di Ukraina Segera Diakhiri':

[Gambas:Video 20detik]