Gempuran Ukraina Picu Kerusakan Kapal Logistik Rusia di Laut Hitam

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 10:50 WIB
This satellite image taken by Planet Labs PBC shows smoke rising after Ukrainian strikes destroyed buildings housing Russian positions and a helicopter on Snake Island in the Black Sea Sunday, May 8, 2022. (Planet Labs PBC via AP)

Smoke rises above Snake Island in the Black Sea, on May 8. (Planet Labs PBC/AP)
Militer Ukraina mengklaim sebuah kapal logistik militer Rusia rudak dan terbakar di Laut Hitam, dekat Pulau Ular (dok. AP)
Kiev -

Pasukan militer Ukraina mengklaim telah memicu kerusakan terhadap salah satu kapal logistik milik Angkatan Laut Rusia yang berlayar di Laut Hitam, di mana terjadi pertempuran baru dalam beberapa hari terakhir. Militer Ukraina menyebut bahwa kapal logistik militer Rusia itu terbakar di dekat Pulau Ular.

Seperti dilansir Reuters dan BBC, Jumat (13/5/2022), juru bicara militer Ukraina di wilayah Odesa, Serhiy Bratchuk, mengklaim sebuah kapal Rusia yang bernama Vsevolod Bobrov terkena gempuran di dekat Pulau Ular.

Pulau kecil itu diketahui terletak di dekat perbatasan laut Ukraina dengan Rumania.

"Berkat tindakan pelaut pada Angkatan Laut kami, kapal pendukung Vsevolod Bobrov terbakar -- ini merupakan salah satu yang terbaru dalam armada Rusia," ujar Bratchuk dalam pernyataannya.

Reuters tidak bisa secara independen memverifikasi klaim Ukraina itu.

Belum ada tanggapan resmi dari Kementerian Pertahanan Rusia terhadap klaim yang disampaikan militer Ukraina tersebut. Salah satu kapal pada armada Laut Hitam milik Rusia, Moskva, diketahui tenggelam bulan lalu.

Selain soal kapal Rusia, militer Ukraina juga melaporkan bahwa sebuah helikopter tempur Rusia jenis Mi-24 ditembak jatuh di wilayah Luhansk.

"Ukraina mendeteksi sekelompok empat helikopter musuh dan menembak jatuh pemimpin dari kelompok kedua," kata komandan pasukan serangan udara Ukraina dalam pernyataan via Facebook.

Klaim itu belum bisa diverifikasi secara independen oleh BBC.

Simak juga video 'Presiden Zelenskiy: Kenapa Tak Ada yang Mampu Hentikan Perang':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)