3 Orang Tewas Akibat Serangan Rusia di Ukraina Utara, 12 Terluka

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 17:18 WIB
Bangkai tank Rusia di jalanan Ukraina
Situasi di Ukraina yang tengah diinvasi militer Rusia (dok. Associated Press)
Kiev -

Otoritas Ukraina melaporkan serangan pasukan Rusia menewaskan tiga orang di wilayah Chernihiv. Belasan orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan yang sama.

Seperti dilansir AFP, Kamis (12/5/2022), serangan Rusia itu dilaporkan melanda kota Novgorod-Siversky yang ada di Chernihiv pada Kamis (12/5) waktu setempat.

"Kami mendapati tiga orang tewas dan 12 orang lainnya luka-luka akibat serangan," tutur juru bicara dinas urusan darurat setempat.

Kota Novgorod-Siversky yang terletak di sudut timur laut Ukraina, diketahui berjarak sekitar 45 kilometer sebelah selatan perbatasan Rusia.

Dalam pernyataan via Telegram, Gubernur Chernihiv Vyacheslav Chaus menyatakan ada 'korban tewas dan korban luka' namun tidak menyebut jumlahnya. Dia hanya menyebut bahwa para petugas penyelamat dan paramedis tengah 'bekerja di tempat kejadian'.

Disebutkan Chaus bahwa serangan itu terjadi pada malam hari dan mengenai 'infrastruktur kritis', termasuk sebuah sekolah. Chaus juga memposting foto gedung yang rusak parah di wilayahnya.

"Gedung-gedung administrasi lainnya dan rumah-rumah pribadi juga rusak," sebut Chaus.

Sebelumnya, militer Ukraina menyebut Rusia 'melancarkan gempuran artileri' di wilayah Chernihiv.

Kota Novgorod-Siversky diketahui memiliki populasi sekitar 15.000 orang sebelum Rusia menginvasi.

Wilayah Chernihiv yang digempur habis-habisan oleh Rusia pada awal invasi, beberapa pekan terakhir dilanda lebih sedikit serangan dibanding wilayah lainnya yang terletak di Ukraina bagian timur.

(nvc/idh)