Jadi Terbiasa dengan Perang, Pengungsi Ukraina Kembali ke Kiev

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 09:51 WIB
More Ukrainians returned to the country this week than left, for the first time since the start of the war Sergei SUPINSKY AFP
Warga Ukraina mulai kembali ke ibu kota Kiev (Sergei SUPINSKY/AFP)
Kiev -

Para pengungsi Ukraina mulai kembali ke ibu kota Kiev setelah mengungsi ke luar negeri saat Rusia melancarkan invasi tiga bulan lalu. Beberapa mengaku sudah terbiasa dengan situasi perang, sedangkan yang lainnya merasa kehidupannya memang ada di Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Jumat (13/5/2022), salah satunya seorang remaja putri bernama Maria Pshenychna yang langsung memeluk ayahnya, Yuriy, setibanya dengan kereta api dari Polandia. Remaja berusia 16 tahun ini meninggalkan Gostomel, Ukraina, sejak dua bulan lalu.

"Saya senang berada di sini. Saya berterima kasih kepada orang-orang di luar negeri yang membantu kami, tapi saya merindukan rumah karena ibunda saya ada di sana bersama anjing saya," ucap Pshenychna (16) sembari berlinangan air mata kepada AFP, sesaat setelah dia bertemu kembali dengan ayahnya.

Seorang wanita Ukraina lainnya, yang berusia 30-an tahun dan enggan menyebut namanya, menuturkan bahwa dirinya menangis saat kereta yang ditumpanginya masuk ke wilayah Ukraina.

"Anda harus terbiasa hidup dengan perang," ucap wanita ini setibanya di Ukraina setelah dua bulan mengungsi ke Polandia. "Di Eropa, itu bagus tapi hidup saya ada di Ukraina," imbuhnya.

Reuni antara keluarga dan kerabat yang emosional terjadi di salah satu stasiun di Kiev. Dengan beberapa terdengar ramai saat melepas rindu, namun ada juga yang lebih tenang dengan diwarnai air mata.

"Kita mulai terbiasa dengan perang, dengan ancaman. Ketakutan yang kami miliki sekarang berbeda dari dua bulan lalu," ucap seorang warga Ukraina lainnya, Dana Pervalska (27).