Wanita Afghanistan Protes Dekrit Taliban Perintahkan Pakai Burka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 17:18 WIB
A woman wearing a burka walks through a bird market as she holds her child, in downtown Kabul, Afghanistan, Sunday, May 8, 2022. Afghanistan’s Taliban rulers on Saturday ordered all Afghan women to wear head-to-toe clothing in public — a sharp, hard-line pivot that confirmed the worst fears of rights activists and was bound to further complicate Taliban dealings with an already distrustful international community. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Ilustrasi -- Wanita Afghanistan mengenakan burka di tempat umum (dok. AP/Ebrahim Noroozi)
Kabul -

Belasan wanita Afghanistan menggelar unjuk rasa di ibu kota Kabul untuk memprotes dekrit terbaru Taliban yang memerintahkan semua wanita menutup wajah dan tubuh sepenuhnya saat berada di tempat umum.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/5/2022), pemimpin tertinggi Afghanistan dan pemimpin Taliban, Hibatullah Akhundzada, merilis dekrit pada Sabtu (7/5) lalu yang isinya memerintahkan agar wanita-wanita di negara itu menutup tubuh sepenuhnya saat berada di tempat umum, idealnya dengan burka tradisional.

Dekrit itu menjadi langkah pembatasan terbaru yang diberlakukan Taliban sejak mengambil alih kekuasaan di Afghanistan tahun lalu.

"Keadilan, keadilan!" teriak para demonstran, yang kebanyakan tidak menutup wajah mereka, di pusat kota Kabul pada Selasa (10/5) waktu setempat.

Para demonstran juga meneriakkan "Burka bukan hijab kami!" dalam aksinya, yang mengindikasikan keberatan untuk mengganti penggunaan hijab dengan burka.

Setelah berlangsung singkat, unjuk rasa itu dihentikan oleh para petempur Taliban, yang juga menghalangi jurnalis untuk meliput aksi protes itu.

Dekrit yang dirilis Akhundzada juga memerintahkan wanita untuk 'tetap berada di rumah' jika mereka tidak memiliki pekerjaan penting di luar rumah.

"Kami ingin hidup sebagai manusia, bukan sebagai binatang yang dikurung di sudut rumah," ucap salah satu demonstran bernama Saira Sama Alimyar dalam aksi tersebut.

Simak juga 'Ngeri! Bom Meledak di Masjid Afghanistan saat Salat Jumat, 33 Tewas':

[Gambas:Video 20detik]