ADVERTISEMENT

Biden Khawatir Putin Tak Punya Jalan Keluar dari Perang Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 11:20 WIB
President Joe Biden delivers his State of the Union address to a joint session of Congress at the Capitol, Tuesday, March 1, 2022, in Washington. (Win McNamee, Pool via AP)
Presiden AS Joe Biden (dok. Win McNamee, Pool via AP)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan dirinya khawatir jika Presiden Rusia Vladimir Putin tidak memiliki jalan keluar dari perang Ukraina. Dituturkan Biden bahwa dirinya tengah berupaya mencari tahu apa yang bisa dilakukan AS terkait hal itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (10/5/2022), pernyataan itu disampaikan Biden saat berbicara dalam acara penggalangan dana politik di pinggiran Washington, AS, Senin (9/5) waktu setempat.

Biden dalam pernyataannya menyebut Putin telah keliru dalam meyakini invasi ke Ukraina akan memecah-belah NATO dan Uni Eropa.

Sebaliknya, AS dan banyak negara Eropa lainnya justru bersatu dalam mendukung Ukraina.

Menurut Biden, Putin biasanya merupakan sosok yang sangat perhitungan.

Diakui Biden bahwa dirinya kini mengkhawatirkan jika Putin 'tidak memiliki jalan keluar sekarang, dan saya berupaya untuk mencari tahu apa yang bisa kita lakukan soal itu'.

Pasukan militer Rusia menghadapi perlawanan kuat dari Ukraina sejak melancarkan invasi pada akhir Februari lalu. Rusia, yang menyebut aksinya sebagai 'operasi militer khusus', mengerahkan lebih banyak tentara ke Ukraina untuk serangan besar-besaran bulan lalu di wilayah timur negara itu, namun kemajuannya lambat.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT