ADVERTISEMENT

Xi Jinping Beri Peringatan Keras ke Para Pengkritik Strategi Nol-COVID

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 18:13 WIB
Tak Singgung Tindakan Taliban, Xi Jinping Janjikan Bantuan untuk Afganistan
Xi Jinping (Foto: DW News)

"Bahasa ini harus dibaca sebagai kritik langsung terhadap para pemimpin PKC lokal yang tidak spesifik yang telah mempertanyakan kebijakan di pusat, atau yang kurang berhasil dalam menerapkannya," tulis co-direktur the China Media Project, David Bandurski.

"Dan sulit untuk tidak mendengar dalam ungkapan tentang 'pembenaran diri' kecaman terhadap para pemimpin di Shanghai pada khususnya," tambah Bandurski.

Selama lima minggu terakhir, banyak penduduk Shanghai menggunakan media sosial untuk meminta bantuan dan melampiaskan kemarahan mereka atas kekurangan makanan dan kurangnya akses ke perawatan medis. Beberapa memprotes dari jendela mereka, membenturkan panci dan wajan dan berteriak frustrasi.

Bentrokan juga terjadi dengan polisi dan petugas kesehatan di jalan-jalan - pemandangan langka di negara di mana perbedaan pendapat secara rutin ditekan. Kejatuhan ekonomi yang parah juga telah menarik kekhawatiran dari para ekonom dan eksekutif bisnis, terutama mengingat peran Shanghai sebagai pusat keuangan terkemuka negara itu dan pusat manufaktur dan pengiriman utama.

Pada bulan April, sektor jasa China, yang menyumbang lebih dari setengah PDB negara dan lebih dari 40% lapangan kerja, mengalami kontraksi pada laju paling tajam kedua dalam catatan, sementara sektor manufaktur juga menyusut.


(haf/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT