Cuitan Leonardo DiCaprio soal Hutan Amazon Bikin Panas Bolsonaro

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 20:32 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Leonardo DiCaprio  attends the 92nd Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Kevork Djansezian/Getty Images)
Foto: Leonardo DiCaprio (Kevork Djansezian/Getty Images)
Jakarta -

Aktor Leonardo DiCaprio berbicara tentang pentingnya lingkungan Amazon. Presiden Brasil Jair Bolsonaro panas dengan cuitan DiCaprio itu.

Adapun kecaman Bolsonaro terhadap DiCaprio itu disampaikan di hadapan sekelompok pendukung yang berkumpul di depan Istana Alvorada, kediaman resmi Presiden Brasil, pada Selasa (3/5). Hutan hujan Amazon sendiri telah mengalami deforestasi parah sejak Bolsonaro menjabat dan melemahkan perlindungan lingkungannya.

"Sekarang, DiCaprio harus tahu bahwa itu adalah presiden Organisasi Perdagangan Dunia yang mengatakan bahwa tanpa agribisnis Brasil, dunia akan kelaparan," kata Bolsonaro, seperti dilansir dari CNN, Kamis (5/5/2022).

Minta DiCaprio Tutup Mulut

Bolsonaro meminta DiCaprio menutup mulutnya. Dia mengatakan DiCaprio hanya berbicara omong kosong.

"Jadi, DiCaprio lebih baik tutup mulut daripada bicara omong kosong," tuturnya.

Tanggapan Bolsonaro muncul setelah serangkaian tweet oleh DiCaprio, yang kini juga menjadi aktivis lingkungan dan iklim, selama beberapa hari terakhir. DiCaprio mendesak anak muda Brasil untuk mendaftar untuk memilih dalam pemilihan Oktober.

"Brasil adalah rumah bagi Amazon dan ekosistem lain yang penting bagi perubahan iklim," tulisnya pekan lalu.

"Apa yang terjadi di sana penting bagi kita semua, dan pemungutan suara kaum muda adalah kunci dalam mendorong perubahan untuk planet yang sehat," sambungnya.

Di hari berikutnya, Presiden Jair Bolsonaro mengutip tweet DiCaprio yang mengatakan 'Terima kasih atas dukungan Anda, Leo! Sangat penting agar setiap warga Brasil memberikan suara dalam pemilihan mendatang. Rakyat kami akan memutuskan apakah mereka ingin mempertahankan kedaulatan kami di Amazon atau diperintah oleh penjahat yang melayani kepentingan asing khusus. Kerja bagus di The Revenant'.

Di Brasil, memilih bukan suatu kewajiban bagi penduduk berusia 16 hingga 18 tahun. Banyak artis dan selebritas lokal telah meminta orang untuk mendaftar dan memilih dalam pemilihan presiden bulan Oktober.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...